in

Baklava Khas Turki, Sudah Pernah Coba?

Makanan yang satu ini punya rasa manis yang legit lho.

baklava khas Turki
Foto: pixabay

Ngobrolin.id — Sudah pernahkah kamu mencoba baklava khas Turki? Makanan ini merupakan makanan ringan yang terbuat dari kacang walnut atau pistache yang dicincang. Rasanya yang manis bikin baklava banyak digemari.

Makanan ini begitu populer di daerah Turki sampai Yunani, juga beberapa daerah mantan kekuasan Kerajaan Ottoman. Bahkan, baklava menginspirasi terciptanya kue-kue pastry lainnya. Sebut saja strudel khas Jerman, adalah salah satu makanan yang terinspirasi jajanan ini.

Baklava khas Turki merupakan salah satu jajanan pastry panggang tertua yang ada di dunia.

Berdasarkan buku Greece-Turkey at the Same Table, A Gourmets Guide to Both Countries, si penulis menjelaskan bahwa baklava berasal dari semenanjung Arab. Kisah ini bermula karena bentuk baklava adalah belah ketupat, mirip dengan kudapan bangsa Arab yang memiliki cita rasa manis.

Kelahiran kue manis ini sendiri diperkirakan berasal dari daerah bernama Gaziantep. Kota ini terletak di perbatasan Turki, Syiria, dan Irak. Masyarakat di daerah tersebut diduga memodifikasi kudapan serupa dari Arab sehingga terciptalah resep baklava yang melegenda.

Saking terkenalnya Gaziantep, pepatah Turki pun menyatakan bahwa siapa pun yang belum mencoba baklava khas Gaziantep, belum disebut pernah mencoba baklava.

Resep asli baklava Gaziantep sendiri menggunakan kacang pistachio. Namun, karena harganya kurang terjangkau, kadang diganti jenis kacang lain seperti kacang walnut, kacang kenari, atau hazelnut. Kebiasaan inilah yang biasa dilakukan oleh orang Yunani. Baklava dengan isian hazelnut banyak ditemukan di wilayah yang dekat dengan Laut Hitam.

Untuk membuat baklava, kacang walnut/hazelnut/kenari dicincang hingga halus, tapi tidak sampai sangat halus. Selanjutnya, kacang diberi pemanis berupa gula atau madu. Adonan kacang tersebut diletakkan di atas adonan roti yang sangat tipis dan digulung.

Jika sudah menjadi gulungan-gulungan panjang, baklava disusun di atas nampan dan diiris hingga membentuk jajaran genjang. Baklava pun dipanggang hingga matang, atau berubah warna menjadi kecokelatan.

Persilangan kacang cincang yang gurih, serta madu dan gula yang manis, bikin kudapan ini digemari banyak orang. Di Turki sendiri ada banyak penjaja baklava, tak hanya di wilayah Gaziantep.

Baklava khas Turki jadi makanan populer yang sangat dekat dengan budaya setempat. Ia bisa ditemui di berbagai pesta mulai dari pernikahan, kelahiran, hari raya, dan perayaan lainnya.

 

cara bijak mengelola THR

4 Cara Bijak Mengelola THR Biar Berfaedah

Membuat pesta kejutan

Meriahkan Kejutan Teman Tanpa Bikin Kantong Menjerit