in

Bakso Raksasa dan Bakso Kerikil, Opsi Unik untuk Para Pencinta Bakso

bakso raksasa dan bakso kerikil
Foto: pixabay

Ngobrolin.id—Bakso merupakan salah satu makanan yang banyak mengalami inovasi, salah satunya dalam bentuk bakso raksasa dan bakso kerikil. Makanan olahan daging ini memang digemari oleh kalangan luas karena rasa dan teksturnya yang khas dan mudah disajikan.

Kamu mungkin pernah dengar kedua istilah tersebut, bakso raksasa dan bakso kerikil.

Bakso raksasa adalah inovasi bakso yang dibuat sebesar mungkin. Biasanya, jenis bakso ini ditujukan untuk disantap bersama-sama dalam suatu acara. Bentuknya yang sangat besar tidak memungkinkan untuk dikonsumsi satu orang. Beratnya bahkan bisa mencapai lima kilogram!

Tak hanya daging, bakso raksasa diisi oleh berbagai macam isian. Mulai dari telur ayam, telur burung puyuh, bakso lain yang lebih kecil sampai potongan daging dan urat. Ketika dibelah, bagian dalamnya akan menampakkan isian yang membuat kita akan menelan ludah saking nikmatnya.

Beberapa warung bakso yang menyajikan varian bakso raksasa antara lain Bakso Klenger Jogja yang menjual varian bakso seberat dua sampai lima kilogram dengan harga Rp200 ribu sampai Rp600 ribu.

Di Bandung, ada kios bakso Astaghfirullah yang menjual bakso seberat dua kilogram dengan harga Rp150 ribu. Bakso ini bisa dinikmati sampai sepuluh orang. Di Ponorogo juga dapat ditemui warung bakso ukuran jumbo yang dijual dengan harga Rp50 ribu per porsinya.

Lain bakso raksasa, lain lagi bakso kerikil. Bakso kerikil mengambil konsep bentuknya yang memiliki ukuran sekecil kerikil. Kebalikan dari bakso raksasa yang memiliki varian isian, bakso kerikil malah kadang hanya dibuat dengan persentase daging lebih sedikit daripada bakso umumnya.

Karena ukurannya yang sangat kecil, semangkok bakso kerikil dapat berisi sangat banyak, bahkan hingga mencapai empat puluh butir bakso untuk satu mangkoknya.

Salah satu warung bakso yang menjual menu bakso kerikil antara lain Bakso Kerikil Magelang yang berlokasi di Jalan Raya Viktor, Banten.

Di Jalan Magelang, Yogyakarta, terdapat bakso kerikil yang dibanderol dengan harga sangat murah yakni hanya Rp5 ribu untuk satu porsinya. Yogya rupanya menjadi sarang bakso kerikil. Warung Bakso Napoli di Bantul, Yogyakarta, juga menyajikan menu bakso kerikil dan dihargai Rp10 ribu rupiah saja untuk satu porsinya. Begitu pula di Jalan Godean, Sleman, Yogyakarta, terdapat Warung Bakso Pak Supri yang juga menyajikan menu serupa.

Bakso kerikil paling murah mungkin terdapat di Warung Bakso Krikil Pak Bowo. Bayangkan, hanya dengan merogoh kocek Rp3 ribu, kamu bisa memakan satu porsi bakso. Wah, menggiurkan dan tidak akan membuat kantong jebol, nih. Lokasinya terletak di Desa Ambarketawang, Gamping Sleman.

Kalau kamu, #timbaksoraksasa atau #timbaksokerikil, nih?

resep sederhana camilan

4 Resep Sederhana Camilan Lezat untuk Mahasiswa

E-commerce

Mengenal 5 E-Commerce yang Paling Sering Dikunjungi