in , ,

Bank Syariah Indonesia Akan Segera Hadir!

Topik yang lagi ditunggu-tunggu, nih!

Bank Syariah Indonesia
foto: Pixabay

Ngobrolin.id — Kabar penggabungan beberapa bank syariah di Indonesia sudah terembus sejak beberapa bulan lalu, tepatnya ada tiga bank syariah yang dimerger, yaitu Bank Syariah Mandiri, BRI Syariah, dan BNI Syariah. Ketiga bank tersebut akan dimerger menjadi PT Bank Syariah Indonesia (BSI) dengan kode saham BRIS, karena entitas suvivornya adalah PT Bank BRI Syariah, Tbk.

Dilansir dari cnbcindonesia.com, pembentukan BSI menjadi salah satu upaya pemerintah untuk mendukung industri keuangan syariah di Indonesia. Dengan adanya penggabungan ketiga bank syariah tersebut, diharapkan penetrasi perbankan syariah bisa lebih maju.

Indonesia merupakan negara dengan mayoritas penduduk beragama muslim. Oleh karena itu, sudah seharusnya Indonesia memiliki bank syariah yang kuat secara fundamental.

Ketua Project Management Office Integrasi dan Peningkatan Nilai Bank Syariah BUMN adalah Hery Gunardi. Nantinya, Hery akan menjadi Direktur Utama BSI. Saat ini, BSI sudah mendapatkan izin beroperasi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan Nomor: SR-3/PB.1/2021. Perizinan tersebut keluar tanggal 27 Januari 2021.

BSI dikabarkan akan launching secara legal pada 1 Februari 2021 mendatang. Bank hasil penggabungan tiga bank syariah milik Himbara ini akan menjadi bank syariah terbesar di dalam sejarah Indonesia.

Saat ini BSI juga sudah merilis logo resminya yang bertuliskan BSI Bank Syariah Indonesia dan di atas huruf ‘I’ terdapat bintang berwarna kuning.

Bank syariah ini akan diawasi oleh anggota Dewan Pengawas Syariah yang terdiri atas Mohamad Hidayat, Hasanudin, Didin Hafidhuddin, dan Oni Sahroni.

Pemegang saham BSI adalah PT Bank Mandiri (Persero), Tbk (BMRI) sebesar 51,2 persen, PT Bank Negara Indonesia (Persero), Tbk 25,0 persen, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk 17,4 persen, DPLK BRI-Saham Syariah 2 persen, dan investor publik sekitar 4,4 persen.

peracik bumbu indomie

Pecinta Indomie Wajib Tahu, Peracik Bumbu Indomie Tutup Usia

nasi goreng bawang

Resep Nasi Goreng Bawang, Nasi Goreng Antiribet Tapi Enak!