in

Banyak Beredar, Ternyata Info Kanker Ini Hanya Mitos

mitos tentang kanker
Foto: freepik

Ngobrolin.id — Sebagai salah satu penyakit paling mematikan, informasi dan mitos tentang kanker banyak berkembang di masyarakat. Keberadaannya pun kadang disalahgunakan oleh oknum-oknum tertentu untuk menakut-nakuti tanpa landasan kebenaran yang jelas. Banyaknya informasi tidak benar tersebut harus diwaspadai. Apa saja?

Kanker karena radiasi telepon genggam

Radiasi bisa jadi merupakan salah satu pemicu kanker. Hal ini terjadi karena radiasi bisa menyebabkan mutasi gen pada sel-sel tubuh. Namun, radiasi dari telepon genggam tidak cukup kuat untuk menyebabkan mutasi sel tersebut, apalagi sampai menimbulkan kanker. Hingga kini, belum ada penelitian yang menguji kebenaran informasi ini.

Deodoran menyebabkan kanker payudara

Informasi palsu ini sudah banyak beredar di masyarakat. Konon, kandungan dalam deodoran berpotensi membuat payudara wanita terserang kanker. Kandungan yang dimaksud salah satunya adalah aluminium yang diduga bisa masuk ke pori-pori kulit. Namun, hingga kini juga belum ada penelitian yang membuktikan hal ini.

Kanker bersifat menurun

Penyebab kanker tentu sangat beragam. Yang paling sering terjadi adalah paparan zat kimia yang berbahaya, konsumsi rokok dan alkohol, berat badan berlebih, dan penuaan. Sementara, faktor risiko karena keturunan hanya terjadi pada sekitar 5—10 persen. Gaya hidup yang tidak sehat justru menjadi pemicu utama, lho.

Kemoterapi berbahaya

Sampai saat ini, kemoterapi menjadi metode pengobatan kanker yang dijalani pasien yang sudah mengalami kanker. Alih-alih berbahaya, kemoterapi justru bisa mengurangi risiko akibat kanker itu sendiri. Jika kanker tidak diobati, penyakit mematikan ini justru akan berdampak lebih mengerikan dengan menyerang ke organ tubuh lainnya dalam seketika.

Ditemukan obat kanker yang sangat ampuh

Penemuan obat kanker ini menjadi isu yang hangat setiap tahunnya. Mulai dari berbagai jenis daun dan buah-buahan, hingga penelitian paling canggih sekalipun belum ada yang sanggup mengobati kanker secara 100 persen dan mengembalikan keadaan pasien seperti semula.

Obat yang ditemukan biasanya hanya meringankan gejala kanker dan menghambat pertumbuhan sel kanker. Untuk menyembuhkan kanker sendiri, diperlukan banyak terapi yang berkelanjutan.

herniasi otak adalah

Beragam Jenis Herniasi Otak

pekerjaan yang cocok untuk penggemar traveling

5 Pekerjaan yang Cocok untuk Penggemar Traveling