in ,

Banyak Menyerang Anak-anak, Waspadai Penyakit Ini

Jaga kesehatan dan jauhi penyebab penyakit berikut ya Mom

penyakit pada anak
Foto: freepik

Ngobrolin.id — Umumnya, anak-anak memiliki daya tahan tubuh yang lebih lemah ketimbang orang dewasa. Hal tersebut memungkinkan anak-anak lebih rentan terkena penyakit. Beberapa jenis penyakit pada anak banyak melanda Indonesia.

Penyakit pada anak ini biasanya bukanlah penyakit serius. Namun, tanpa penanganan khusus, bisa jadi mengancam keselamatan si kecil. Oleh karena itu, sangat penting mengenali penyakit yang sering menyerang sehingga bisa dicegah dengan optimal.

Radang tenggorokan

Tidak hanya orang dewasa, radang tenggorokan juga cukup sering diderita oleh anak-anak. Penyakit yang satu ini disebabkan oleh bakteri Streptococcus bacillus. Beberapa gejalanya adalah demam tinggi, adanya bintik merah di kulit, amandel, dan kesulitan menelan.

Diare

Anak kecil memiliki kesadaran yang lebih rendah terhadap apa yang mereka konsumsi. Beberapa makanan seperti makanan yang terlalu pedas, makanan yang terlalu asam, atau makanan yang dimasak tidak higienis, bisa menimbulkan diare.

Diare yang menyerang anak-anak bisa sangat mengganggu aktivitasnya. Meskipun demikian, penyakit ini bukanlah suatu penyakit yang mematikan. Beberapa akibatnya antara lain dehidrasi ringan, penurunan jumlah urine, dan haus yang berlebih. Namun, pengobatan harus segera diberikan agar tidak menjadi diare kronis yang bisa berakibat fatal.

Cacar air

Disebabkan oleh virus, penularan cacar air bisa terjadi jika teman anak ada yang lebih dahulu terinfeksi penyakit ini. Cacar air umumnya hanya akan dialami sekali seumur hidup. Sebab, sistem imun tubuh sudah bisa mendeteksi jika virus ini kembali menyerang. Namun, bukan tidak mungkin adanya mutasi menyebabkan virus menjadi lebih ganas.

Gejala anak yang terkena cacar air adalah demam hingga 39 derajat Celcius, gatal, dan muncul bintik merah di sekujur tubuh. Jika si kecil sudah terserang, kurangi interaksi dengan anak-anak lain agar tidak menyebar.

Masalah kulit

Masalah kulit ini bisa berupa infeksi, parasit, gigitan serangga, reaksi obat, ataupun alergi. Penyakit-penyakit tersebut umumnya tidak berbahaya dan akan sembuh dengan sendirinya.

Namun, ada beberapa masalah kulit yang tergolong cukup berbahaya. Misalnya, dermatitis atopik atau reaksi alergi pada kulit yang hipersensitif. Jika si kecil sangat terganggu dengan rasa gatal ataupun masalah kulit lainnya, segera periksakan ke dokter terdekat.

palung terdalam di dunia

5 Palung Terdalam di Dunia, Ada yang Dekat Indonesia

gedung pencakar langit tertinggi di dunia

5 Gedung Pencakar Langit Tertinggi di Dunia