in ,

Basmi Kutu Kasur dengan Cara Mudah dan Simpel

Gatal-gatal? Hindari dengan cara ini

menghilangkan kutu kasur
Foto: freepik

Ngobrolin.id — Kutu kasur atau disebut juga sebagai tumila adalah kutu yang banyak ditemui di kasur. Kutu ini bisa menggigit tanpa disadari dan meyebabkan timbulnya bekas gigitan. Selain gatal, gigitan kutu kasur juga menimbulkan bentol. Apakah kamu salah satu korbannya? Yuk, cari tahu cara menghilangkan kutu kasur dengan simpel ala Tim Ngobrolin.

Lakukan penguapan

Walaupun ganas, kutu kasur bukanlah hewan yang tahan terhadap suhu tinggi, lho. Kamu bisa membasmi hewan ini dengan cara menyiapkan pembersih uap atau steam cleaner. Arahkan ke bagian sudut-sudut tempat tidur, bantal, sofa, karpet, dan lainnya. Kutu kasur pun akan keluar dan mati.

Minyak tanah dan kapur barus

Jika kutu kasur yang menyerang sudah sangat parah, kamu bisa melakukan cara ini. Hindari menyemprotkan campuran ini pada kasur. Kombinasi minyak tanah dan kapur barus bisa membasmi kutu kasur dengan ampuh. Sayangnya, kedua bahan ini meninggalkan aroma yang menyengat pada kasur.

Untuk menggunakannya, langkah pertama adalah campurkan minyak tanah dan kapur barus yang sudah ditumbuk halus. Masukkan ke wadah semprot. Semprotkan cairan ini ke tempat-tempat yang menjadi sarang kutu kasur, misalnya pada lipatan. Jangan lupa untuk menetralisir aromanya dengan kopi atau arang agar aroma minyak tanah berkurang.

Cuka

Cuka memiliki tingkat keasaman yang tinggi. Bahan ini juga bisa dimanfaatkan untuk membasmi kutu kasur, lho. Caranya dengan memercikkan sedikit cuka pada sarang kutu kasur tersebut. Aroma yang menyengat dari cuka akan membuat kutu tidak betah dan meninggalkan sarangnya.

Daun pandan

Kamu juga bisa menggunakan bahan alami untuk mengusir kutu kasur. Salah satunya adalah dengan menggunakan daun pandan. Aroma harumnya memang disukai manusia. Banyak kuliner yang menggunakan daun pandan sebagai penyedap. Namun, bagi kutu kasur, aroma pandan justru kurang disenangi.

Kamu bisa menggunakan bunga pandan yang tak kalah beraroma dari daun pandan. Bunga berwarna putih ini bisa kamu petik, kemudian letakkan di tempat-tempat yang menjadi sarang kutu kasur, misalnya pada lipatan kasur. Kutu kasur pun akan pergi dari kasur kamu.

menghilangkan bau ompol

Anak Mengompol? Ini Cara Hilangkan Baunya pada Kasur

hilangkan bau cat

Langkah Mudah Hilangkan Bau Cat Dinding