in

Beberapa Tahun Mendatang Mobil Berusia Lebih dari 10 Tahun Gak Boleh Masuk ke Jakarta

foto: unsplash

Ngobrolin.id — Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sedang membahas regulasi pembatasan usia kendaraan yang akan melintas di Kota Jakarta. Rencananya, pada 2025 mendatang mobil berusia lebih dari 10 tahun tidak boleh melintas di kawasan Kota Jakarta.

Peraturan tersebut dibuat untuk menjaga kualitas udara Kota Jakarta sehingga tingkat polusi udara dapat lebih ditekan. Kualitas udara saat ini masih menjadi prioritas bagi Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Pembatasan usia kendaraan tertuang dalam Instruksi Gubernur DKI Jakarta No. 66 Tahun 2019 tentang Pengendalian Kualitas Udara. Dalam instruksi tersebut, Gubernur meminta ketentuan uji emisi bagi seluruh kendaraan pribadi semakin diperketat. Selain itu, kendaraan yang sudah berusia lebih dari 10 tahun tidak boleh beroperasi di kawasan DKI Jakarta.

Dilansir dari laman oto.detik.com kabar peraturan tersebut masih dalam tahap perumusan. Oleh karena itu, saat ini peraturan tersebut masih belum berlaku atau diterapkan.

Ketentuan pembatasan usia kendaraan tidak hanya berlaku pada kendaraan pribadi, kendaraan umum yang beroperasi di wilayah Jakarta juga harus melalui uji emisi secara rutin. Kendaraan yang tidak lolos uji emisi dan tetap melintas di Jakarta bakal dikenakan sanksi. Sanksi yang diberikan berupa tarif parkir tertinggi atau tilang.

Anies meminta kepada jajarannya untuk menyelesaikan peremajaan angkutan umum melalui program Jak Lingko 2020.

Upaya lain yang akan dilakukan untuk menekan tingkat populasi di Jakarta ialah memperlebar area ganjil genap sepanjang musim kemarau. Oleh karena itu, masyarakat lebih disarankan menggunakan angkutan umum. Selain itu, tarif parkir di wilayah yang terlayani angkutan umum massal akan ditingkatkan.

Untuk mendukung kebijakan tersebut, Anies terus mendorong peningkatan kualitas layanan transportasi umum serta kenyamanan pejalan kaki di Kota Jakarta dengan membangun fasilitas pejalan kaki di 25 ruas jalan protokol arteri.

Tak lupa, upaya penghijauan juga tengah digencarkan dan merintis peralihan ke energi terbarukan untuk mengurangi ketergantungan terhadap bahan bakar fosil yang semakin menipis.

Yuk, ikut berkontribusi menurunkan tingkat polusi dengan mengurangi penggunaan kendaraan pribadi.

 

snack video

Snack Video Aplikasi Ilegal!

LDR

Jangan Khawatir, Hubungan LDR Bisa Tetap Baik-baik Saja, Asalkan…