in ,

Begini Cara Amankan Smartphone dari Pencuri

cara amankan smartphone dari pencuri
Foto: Pixabay

Ngobrolin.idSmartphone biasanya menjadi target utama pencuri. Smartphone juga menjadi salah satu benda yang seringkali secara tak sengaja tertinggal. Biasanya, perasaan panik dan putus asa akan muncul setelah kamu menyadari kalau ponselmu hilang. Ada beberapa hal yang harus kamu lakukan. Ini merupakan cara amankan smartphone dari pencuri agar tidak dimanfaatkan untuk kejahatan.

  1. Cadangkan data

Hal pertama yang harus dilakukan adalah siapkan cadangan data. Jika ponsel kamu memiliki fitur pemindai sidik jari, pemindaian wajah, atau pengaturan kode sandi, segera gunakan fitur-fitur keamanan itu. Pastikan perangkat smartphone kamu terhubung dengan fitur Find My Device (Android) atau Find My iPhone (Apple). Lalu, siapkan cadangan di iPhone atau ponsel Android kamu yang lain sehingga jika ponsel kamu hilang, kamu tidak akan kehilangan data.

  1. Tingkatkan keamanan ponsel

Tingkatkan keamanan ponsel ke tingkat selanjutnya. Gunakan PopSocket, tali pergelangan tangan seperti Phone Loops atau case atau apa pun yang secara fisik melekatkannya pada diri kamu. Jika kamu bepergian di daerah yang dikenal banyak pencopet, kamu harus simpan ponselmu di tempat yang aman tapi masih dalam jangkauan pengawasan.

Aktifkan pelacak Bluetooth seperti Tile yang dapat mengingatkan kamu dan menelepon ponselmu. Atur IFTTT untuk Amazon Echo atau Google Assistant kamu untuk meningkatkan volume ponsel dan kemudian panggil jika kamu tidak dapat menemukannya di rumah.

Saat mengikuti petunjuk jalan dari Maps atau Waze, gunakan headphone atau earphone sehingga kamu terlihat percaya diri. Jika kamu memiliki Apple Watch atau smartwatch berbasis Android, kamu dapat memonitor notifikasi dan mengirim balasan cepat sambil menyimpan ponselmu di saku.

  1. Jangan perlihatkan ponsel mahal kamu

Ini mungkin kelihatannya mudah, tapi perhatikan seberapa sering kamu melakukan itu. Gunakan case dasar untuk menyembunyikan ponsel mahal sehingga kemewahan ponsel seharga US$ 1.000 kamu tidak mencolok. Jangan pernah meninggalkan telepon di tempat terbuka. Ingatlah bahwa seseorang bisa saja mengambilnya, terutama di kereta atau di ruang yang ramai.

Simpan telepon di tempat yang sama sehingga kamu akan lebih merasakan perbedaan jika seseorang mengambilnya. Pindahkan ponsel dari saku celana ke saku jaket dalam, atau tas ketika kamu tidak menggunakannya.

  1. Yang harus dilakukan jika smartphone telanjur hilang

Jangan panik dulu. Mungkin saja ponsel terselip di antara bantal sofa, tertinggal di toilet, atau kamu meletakkannya sebentar ketika bergegas keluar pintu. Segeralah bergegas mencarinya. Kamu bisa langsung menggunakan laptop atau perangkat lain (kamu bahkan dapat meminjam smartphone orang lain) dan lacak menggunakan Apple Find my Phone atau Find ‘s Device di Android.

Tanda stres

7 Tanda Stres yang Jarang Disadari Orang

cara mengelola cash flow

4 Cara Mengelola Cash Flow Bulanan Supaya Lancar jaya