in ,

Begini Cara Memilih Aroma Parfum yang Pas Buat Kamu

cara memilih aroma parfum
Foto: Pixabay

Ngobrolin.id — Parfum merupakan bagian yang akan dikenang sebagai aroma tubuhmu oleh teman-teman dan orang di sekitarmu. Oleh karena itu, untuk menentukannya, kamu perlu tahu cara memilih aroma parfum yang tepat.

Bagaimanapun, untuk memilih aroma yang khas, kamu perlu mencari wangi yang juga unik. Wangi yang cocok dengan kepribadianmu. Wangi yang saat orang menciumnya, akan tahu bahwa kamu ada di sekitarnya. Nah, untuk mendapatkannya, luangkan waktu dan ikuti langkah-langkah ini hingga suatu saat kamu menemukan mana yang paling tepat menjadi aroma signature-mu.

Pelajari aroma

Hal pertama yang harus dilakukan adalah mengetahui soal wewangian dan aromanya. Kita harus memperhatikan aroma yang muncul, atau dikenal sebagai notes. Notes dalam sebuah parfum biasanya muncul dalam tiga lapisan atau tahap: top, middle, dan base.

Top notes adalah aroma yang pertama tercium dan biasanya paling semerbak. Namun, aroma ini tidak bertahan lama dan akan berganti aroma kedua, yakni middle notes. Middle notes adalah wangi yang tercium setelah beberapa saat. Wangi ini seringkali berfungsi sebagai penyeimbang dan mengantar kita ke aroma selanjutnya yang lebih bertahan, yakni base notes.

Base notes adalah aroma yang akan dicium orang-orang di sekitarmu karena baru muncul setelah beberapa saat dan akan menempel pada tubuhmu lebih lama. Base notes biasanya memiliki karakter lebih berat dibanding middle notes atau top notes yang cenderung ringan.

Nah, yang harus kamu tahu tentang notes, yaitu mereka juga bereaksi tergantung situasi sekitar dan aroma tubuh seseorang. Misalnya, aroma yang tercium saat hawa dingin agak berbeda dibanding ketika cuaca panas. Selain itu, wewangian yang dipakai seseorang, mungkin akan tercium sedikit berbeda pada orang lain karena tercampur keringat dan aroma tubuh masing-masing.

Memahami keluarga aroma

Nah, berikut ini jenis-jenis aroma yang dikelompokkan dalam beberapa keluarga.

Oriental. Penamaan ini memang agak rancu, tapi istilah ini yang digunakan untuk menggambarkan wangi rempah, amber, dupa, damar, vanila, musk, dan lainnya.

Woody. Biasanya menggambarkan bau hutan, jadi bukan hanya kayu, melainkan juga tanah yang segar, nilam, kayu cedar, kayu cendana, lumut, vetiver, dan banyak lagi.

Green. Berbeda dengan kayu, “green” lebih menggambarkan kesegaran hutan atau ladang rumput segar yang luas, atau bau daun-daun segar yang baru dipotong.

Herbal. Sering disebut “aromatic”. Termasuk di dalamnya adalah lavender, rosemary, mint, thyme, dan lain-lain.

Floral. Paling sering ditemukan di top dan middle notes. Biasanya ada wangi mawar, melati, ylang-ylang, bunga lili dan lainnya. Umumnya, berkesan manis

Citrus. Seperti namanya, aromanya seperti keluarga jeruk, neroli, mandarin, jeruk, dan jeruk bali adalah aroma yang masuk kategori ini. Termasuk di dalamnya bergamot, jeruk purut, yang populer karena kulitnya yang berbau segar.

Marine. Aromanya mengingatkan pada kesegaran lautan atau aroma segar yang tercium saat hujan turun.

Fruity. Semua aroma buah masuk kategori ini kecuali jeruk-jerukan. Pikirkan buah persik segar, beri liar, atau wangi apel.

tips menata koper

Tips Menata Koper saat Mudik

diet ala militer

Pola Makan yang Dilakukan untuk Diet ala Militer