in

Begini Cara Memperpanjang Umur Aki

cara memperpanjang umur aki
Foto: Google Image

Ngobrolin.id — Peran aki sangat penting karena merupakan sumber utama suplai energi pada kendaraan. Terlebih, teknologi mobil terbaru sangat bergantung pada aki. Terutama mobil matik. Kalau matik, aki mati harus diganti. Kalau mobil transmisi manual, masih bisa didorong jika aki mati. Lalu, bagaimana cara memperpanjang umur aki?

cara memperpanjang umur aki
Foto: Google Image

Salah satu pertimbangan menggunakan aki kering karena pemilik kendaraan tidak perlu repot-repot melakukan perawatan aki, seperti harus mengisi cairan pada waktu-waktu tertentu. Namun, sebagian lain justru masih ada yang fanatik menggunakan aki biasa. Di pasaran pun, produk aki biasa masih melimpah.

Aki kering itu bersifat free maintenance sehingga lebih mudah perawatan. Secara harga, aki kering memang sedikit lebih mahal dibandingkan aki basah. Namun, jika aki kering soak, harus diganti dan tidak bisa dibetulkan. Sementara, aki basah, perlu perawatan. Salah satunya adalah pengecekan cairan. Jika cairannya kurang, harus ditambah.

Pengecekan sebaiknya dua minggu sekali atau sebulan sekali. Lebih bagus, dalam 2—3 hari sekali dicek kalau mobil sering dipakai. Oleh karena itu, disarankan pemanasan mobil minimal 15 menit dan sebaiknya mobil dibawa melaju. Apalagi, mobil dengan sistem rem antiterkunci atau antilock braking system (ABS). Jika kendaraan jarang dipakai, pemanasan sebaiknya seminggu dua kali.

Selain itu, sebaiknya kendaraan dilakukan perawatan berkala di bengkel resmi karena aki menjadi bagian yang wajib diperiksa saat melakukan perawatan berkala. Bisa juga dilakukan pemeriksaan sendiri.

Sementara itu, perawatan aki basah seperti pengecekan jumlah air aki di level full, kalau sudah berkurang ditambah pakai air aki. Lakukan pula pengecekan kondisi terminal aki harus bebas dari korosi atau kotor. Cara membersihkannya dengan membilas pakai air panas, lalu terminal dikencangkan serta diberi grease (gemuk).

Periksa juga kondisi bodi aki dari kebocoran, seperti kalau sudah ada bocor atau menggelembung sebaiknya diganti. Pada umumnya aki kendaraan bermotor ada tiga jenis, yakni aki konvensional, hybrid, dan aki kering.

Untuk aki kering perawatannya lebih ringan dibanding aki basah. Walaupun harganya lebih murah, aki basah perlu perawatan periodik (penambahan air aki). Sementara, aki kering bisa dibilang free maintenance, tetapi harganya lebih mahal, bahkan bisa dua kali lipat harga aki basah.

diet musik

Megenal Diet Musik, Seperti Apa ya?

Istilah ‘cordon bleu’

Mengenal Istilah ‘Cordon Bleu’, Dari Mana Asalnya?