in ,

Begini Cara Menghitung Nilai UTBK

Nilai ini penting untuk syarat masuk perguruan tinggi negeri, lho.

cara menghitung nilai UTBK
Foto: pixabay

Ngobrolin.id — Nilai UTBK atau ujian tulis berbasis komputer sudah keluar, nih, guys. Nilai tersebut merupakan salah satu syarat wajib untuk mendaftar ke perguruan tinggi negeri lewat jalur SBMPTN, lho. Apakah kamu sudah tahu cara menghitung nilai UTBK?

Nilai UTBK sendiri sudah bisa dilihat sejak Selasa (23/4) dan dipergunakan untuk mendaftar SBMPTN pada 10—24 Juni mendatang. Tiap materi yang diujikan juga sudah bisa diakses untuk melihat berapa nilai yang kamu dapatkan. Mulai dari matematika, fisika, dan lain-lain.

Guna melihat nilainya, kamu bisa langsung akses di https://ltmpt.ac.id/ dan lihat perolehanmu. Ada dua kelompok ujian, yaitu ujian saintek dan ujian soshum.

Nilai yang ditunjukkan antara lain nilai minimum, yaitu skor paling kecil di antara seluruh peserta. Ada pula nilai maksimum, yaitu skor paling tinggi di antara seluruh peserta. Median atau skor tengah juga diperlihatkan. Begitu pula kuartil 1 dan kuartil 3, yang merupakan nilai pada seperempat tertinggi dan seperempat terendah.

Sistem penilaian UTBK menggunakan item response theory atau IRT. Diberikan bobot nilai yang berbeda pada masing-masing subtes.

Tahap pertama, seluruh jawaban benar akan diberi skor sebanyak 1 poin. Jika kamu tidak menjawab, skor 0 untuk soal tersebut.

Tahap kedua adalah IRT akan dilakukan. Setiap soal yang benar akan dianalisis karakteristiknya berdasarkan tingkat kesulitan soal yang disajikan.

Tahap ketiga adalah tipe soal yang didapatkan di dua tahap awal akan dipakai untuk menghitung skor peserta. Soal yang lebih sulit akan mendapat skor yang lebih tinggi dibanding soal lainnya.

Kamu bisa menghitung perolehan nilaimu untuk membandingkan dengan data rekapitulasi yang lain, lho. Pertama, kamu bisa melihat keseluruhan nilai yang kamu dapatkan. Perhatikan untuk tiap materinya, ya.

Perhatikan nilai yang kamu dapatkan. Kemudian, bandingkan dengan median. Jika nilaimu sudah lebih tinggi dari median, berarti kamu berada di jajaran lebih dari 50 persen peserta UTBK. Jika di atas kuartil 3, nilaimu berada lebih dari kurang lebih 30 peserta UTBK.

Selanjutnya, cek ada berapa peserta yang memiliki nilai yang sama seperti kamu. Cek pula ada berapa peserta yang nilainya di atas nilaimu.

Saat mengukur nilai-nilaimu, kamu akan mendapatkan bahwa perolehan nilai yang kamu  dapatkan bisa beragam. Ada nilai yang lebih tinggi dari nilaimu yang lain.

Simpan hasil ini sebagai evaluasi untuk kamu. Jadi, kamu bisa melakukan usaha yang lebih baik lagi untuk UTBK berikutnya.

Berbahagialah jika nilai yang kamu hasilkan cenderung tinggi dan sudah baik. Tingkatkan terus prestasi yang sudah kamu dapatkan. Jika belum, masih ada kesempatan lagi untuk memperbaiki. Semakin dekat nilaimu dengan nilai maksimum, berarti semakin tinggi perolehan yang kamu dapatkan.

banjir bengkulu

Bencana Bengkulu, Duka Indonesia

kecanduan bermain game

Anak Kecanduan Bermain Game? Begini Cara Mengatasinya!