in ,

Begini Cara Penggunaan Minyak Argan Bagi Rambut

cara penggunaan minyak argan
Foto: freepik

Ngobrolin.id — Berasal dari biji tanaman Argania spinosa, minyak argan banyak dimanfaatkan untuk beragam produk kecantikan. Salah satunya, untuk produk-produk perawatan rambut. Kaya akan nutirisi yang baik bagi rambut, beginilah cara penggunaan minyak argan yang harus kamu perhatikan.

Minyak argan yang kamu gunakan bisa dari dua jenis. Pertama masih dalam bentuk minyak argan murni. Minyak argan murni ini bisa langsung digunakan, lho. Meskipun demikian, kini sudah banyak minyak argan yang diolah dalam beragam bentuk perawatan rambut.

Minyak argan murni

Cara penggunaan minyak argan murni adalah dengan mengoleskan beberapa tetes minyak argan ke kepala. Berikan minyak tersebut pada bagian-bagian ujung rambut yang masih basah sebelum rambut dikeringkan.

Kamu juga bisa menghangatkan minyak argan ini. Ambil minyak argan sebanyak satu hingga dua sendok teh minyak argan dan sedikit hangatkan. Jika sudah, oleskan pada rambut. Lakukan pijatan kepala yang ringan untuk membantu penyerapannya. Setelah itu, diamkan selama setengah jam. Jangan lupa bilas rambut dengan air dingin.

Cara lain yang bisa kamu praktikkan sebagai berikut. Campurkan satu hingga dua tetes minyak argan pada sampo yang biasa kamu gunakan. Kamu juga bisa menggunakannya pada conditioner, lho. Campurkan dan gunakan selama 3 kali dalam satu minggu. Kamu akan merasakan manfaatnya!

Terakhir, kamu bisa menggunakan minyak argan murni ini sebagai masker rambut. Siapkan minyak argan sebanyak 8—10 tetes. Oleskan minyak tersebut pada rambut dan kepala. Jangan lupa, lakukan pijatan ringan pada kulit kepala. Lakukan hal ini minimal sepuluh menit.

Bungkus rambut dengan handuk atau shower cap. Biarkan selama semalaman dan kamu bisa tidur dalam keadaan seperti ini. Keesokan harinya, bilas rambut dan kepala dengan air bersih.

Minyak argan olahan

Tak perlu khawatir jika kamu tak sempat mengaplikasikan minyak argan secara langsung. Kini, sudah banyak tersedia produk perawatan kepala yang mengandung minyak argan. Mulai dari sampo, kondisioner, serum rambut, hingga masker rambut.

Penggunaan minyak argan yang sudah terdapat pada produk ini bisa disesuaikan dengan aturan pakai dari produk tersebut. Bagaimana, cukup mudah, bukan?

 

roti khas India

Roti Khas India, Beragam Jenis Bermacam Rasa

Pneumonia pada balita

Waspada, Asap Rokok yang Menempel di Baju Bisa Picu Pneumonia pada Balita