in ,

Begini Caranya Mengatur Keuangan Kamu Saat #dirumahaja Biar Gak Boros

ternyata #dirumahaja juga bisa bikin dompet menipis kalau kamu ga antisipasi pengeluarannya

#dirumahaja
foto: unsplash

Ngobrolin.id — Sebagian besar masyarakat Indonesia, terlebih di kota-kota besar sudah melakukan social distancing untuk mencegah penularan virus corona semakin meluas. Banyak public figure dan influencer yang ikut membantu menyosialisasikan gerakan ini agar semakin masif. Berkat aksi-aksi tersebut, kini di media sosial marak beredar tagar #dirumahaja.

Sebagian besar anak sekolah dirumahkan untuk belajar di rumah, sedangkan karyawan diberlakukan Work From Home (WFH). Pasti kamu mikirnya saat #dirumahaja bisa lebih hemat karena tidak akan jajan dan mengeluarkan uang transport. Padahal, kalau kamu tidak memerhatikan beberapa hal di bawah ini, kondisi keuangan kamu pun dapat menipis meskipun kamu jarang keluar rumah.

Belanja online

Pemerintah tidak menganjurkan kamu untuk keluar rumah pada saat seperti ini jika bukan untuk urusan yang sangat penting. Namun, imbauan tersebut tak serta merta menghalangi langkah kamu untuk berbelanja. Pasalnya, saat ini sudah sangat mudah berbelanja melalui e-commerce, online shop, bahkan pada aplikasi ojek online. Hal tersebut semakin dibantu saat sistem keuangan digital merebak.

Hanya melalui ponsel kamu sudah bisa menyelesaikan seluruh transaksi tanpa harus keluar rumah. Kemudahan tersebut terkadang jarang disadari akan berdampak buruk. Kamu akan terbuai untuk belanja mudah, padahal sekarang lagi tengah bulan. Sebaiknya, belanjalah dengan bijak.

Belanja persediaan kebanyakan di waktu yang tidak tepat

Mengingat kebijakan tersebut keluar saat mendekati tengah bulan, sebagian mereka langsung belanja berbagai kebutuhan yang sekiranya dibutuhkan saat sedang #dirumahaja. Terlebih lagi fenomena panic buying pasti sedikit banyaknya memengaruhi diri kamu saat berbelanja kebutuhan. Rasanya, kamu ingin menyimpan banyak kebutuhan.

Saat kondisi tersebut, kamu pun lupa sedang berada di pertengahan bulan. Belanja berlebihan adalah salah, apalagi ditambah dilakukan saat tengah bulan. Sebaiknya, beli kebutuhan yang benar-benar dibutuhkan untuk beberapa waktu kedepan dan sesuaikan dengan anggaran yang kamu miliki.

Maunya jajan mulu

Alih-alih dapat lebih hemat di rumah karena tidak perlu keluar uang makan dan uang transport, saat di rumah yang rasanya lebih nyaman membuat kamu ingin makan terus. Padahal, selain boros, kebanyakan jajan bakalan membuat produkitivitas kamu menurun. Perut terasa begah dan rasa malas pun hinggap.

 

 

 

Deretan Jadwal Rilis Film yang Ditunda Penayangannya Akibat Corona

rekomendasi film drama

Rekomendasi Film Drama untuk Kamu yang Sedang Social Distancing