in

Begini Caranya Menghindari Alergi agar Tidak Kambuh

cara menghindari alergi
Foto: pixabay

Ngobrolin.id — Ketika sistem kekebalan tubuh bereaksi terhadap sesuatu yang sebenarnya tidak berbahaya, saat itulah tubuh bisa dibilang sedang menderita alergi. Alergi pun bermacam-macam mulai dari alergi debu, makanan, bulu hewan, dan lain-lain. Sebenarnya, ada beberapa cara menghindari alergi agar tidak kambuh.

Hindari alergen

Cara paling mudah menghindari alergi adalah dengan menghindari alergen (penyebab alergi). Jika kamu alergi terhadap makanan laut, ada baiknya kamu teliti terlebih dahulu apakah komposisi pada menu yang kamu makan, mengandung makanan laut atau tidak.

Begitu pula dengan jenis alergi yang lain. Beberapa orang menderita alergi pada asap rokok. Ada baiknya selalu sedia masker di dalam tas yang kamu bawa, dan jangan ragu untuk menegur orang jika dia merokok di kawasan bebas asap rokok.

Jaga kebersihan

Debu jadi salah satu alergi yang paling banyak diderita. Dengan menjaga kebersihan barang-barang di sekitar kita, kita bisa menghindari kambuhnya alergi dengan lebih mudah. Jangan lupa selalu sediakan masker karena debu bisa ada di mana saja, baik di dalam ruangan maupun di luar ruangan seperti jalan raya.

Bijak pelihara hewan

Jika kamu sudah tahu bahwa kamu punya alergi pada bulu hewan, ada baiknya kamu pertimbangkan lagi alasan memelihara hewan tersebut. Kamu juga harus waspada jika berkunjung ke suatu tempat seperti kebun binatang atau rumah teman, jangan sampai alergimu kambuh di sana.

Cuci tangan

Biasakan mencuci tangan setelah beraktivitas. Hal ini dapat mengurangi risiko terpaparnya alergen pada diri kita.

Tingkatkan daya tahan tubuh

Karena alergi dipicu oleh kekebalan tubuh yang bereaksi, tidak ada salahnya kita coba untuk meningkatkan daya tahan tubuh agar tidak rentan terkena alergi. Olahraga, konsumsi makanan sehat, dan istirahat cukup adalah beberapa cara yang bisa diterapkan.

Beritahu dokter

Jika alergi yang diderita sudah cukup parah, konsultasi dengan dokter adalah pilihan yang harus dilakukan. Biasanya dokter akan memberikan obat anti-alergi dan akan memberikan wejangan tentang cara-cara menghindari alergen yang mungkin menyerang di mana saja.

sandal tradisional

Sandal Tradisional Indonesia yang Cocok untuk Kondangan

maling copet rampok jambret

Ini Dia Bedanya Maling, Copet, Rampok, dan Jambret