in

Istilah Fintech Itu Sebenarnya Apa sih?

istilah fintech
Foto: pexels

Ngobrolin.id — Istilah fintech sering kali kita dengar, terutama saat membahas sesuatu yang berhubungan dengan startup. Fintech sendiri merupakan akronim dari dua kata, financial technology.

Definisi fintech sendiri berarti inovasi teknologi yang bergerak di bidang finansial. Dipermudah dengan era digital, inovasi teknologi berkembang sangat cepat.

Contoh sederhana yang sudah sangat sering kita lakukan adalah menggunakan berbagai metode pembayaran cashless. OVO, Go-Pay, sampai LinkAja merupakan contoh startup yang bergerak di bidang fintech untuk memudahkan pembayaran tanpa menggunakan uang tunai.

Beberapa platform peminjaman dana online juga bisa disebut sebagai startup fintech. Sayangnya, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) tidak mengakui keberadaan beberapa fintech tersebut karena dirasa meresahkan dan merugikan konsumen.

Ada beberapa manfaat fintech yang selama ini mungkin tidak kita rasakan secara langsung. Tapi ternyata, pertumbuhan fintech yang sangat cepat ini juga punya dampak yang signifikan, lho.

Pertama, fintech memudahkan munculnya startup baru untuk berkembang. Startup cenderung menciptakan inovasi yang berhubungan satu sama lain. Sebagai contoh, startup yang bergerak di bidang transportasi membutuhkan bantuan startup fintech untuk memudahkan pembayaran transaksi.

Contoh yang sudah terjadi adalah munculnya Go-Pay sebagai pengembangan aplikasi Go-Jek dan terjalinnya hubungan bisnis antara OVO dan Grab. Contoh lain adalah kerja sama antara fintech di bidang perkreditan dengan para e-commerce untuk memudahkan konsumen mencicil barang kebutuhan mereka.

Kedua, fintech juga bisa meningkatkan kesejahteraan orang lain, pun jika dia tidak terlibat langsung dalam perusahaan tersebut.

Kamu pernah beli bakso tapi bisa bayar pakai aplikasi fintech? Kadang, kita cenderung membayar dengan fintech karena dapat diskon atau cashback. Di sisi lain, penjual pun mendapatkan keuntungan. Selain karena ia tidak harus menurunkan harga produknya, pembelinya pun semakin ramai karena ingin membeli dan mendapatkan potongan harga.

Diperkirakan kemajuan teknologi akan mengembangkan inovasi-inovasi fintech menjadi lebih maju lagi. Hal ini tidak bisa dielakkan karena berkat fintech, orang tak lagi suka menggunakan transaksi dengan uang tunai.

Kamu bisa membayangkan, bukan, transaksi di sekitar kita pada akhirnya benar-benar terjadi tanpa melibatkan uang kertas atau uang logam sama sekali?

olahraga aneh

Olahraga Aneh di Seluruh Penjuru Dunia

Pemicu bau badan

Ini Dia Pemicu Bau Badan, Kenali dan Hindari