in ,

Begini Kabar Terbaru Vaksin Covid-19 Buatan Indonesia

Semoga akan ada kabar baru yang baik

vaksin buatan indonesia
foto: pixabay

Ngobrolin.id — Pandemi Covid-19 yang terjadi hampir di seluruh dunia ini menimbulkan dampak yang sangat besar. Banyak negara yang melakukan lockdown besar-besaran untuk mencegah penularan semakin parah. Sementara, Indonesia memberlakukan pembatasan sosial berskala besar atau PSBB. Tak hanya itu, banyak negara juga fokus membuat vaksin, seperti halnya Indonesia. Vaksin buatan Indonesia kabarnya sudah mulai menampakkan harapan.

Dilansir dari cnbcindonesia.com, juru bicara Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia, Teuku Faizasyah mengatakan vaksin buatan Indonesia yang dikembangkan oleh Bio Farma sudah ada kemajuan.

Perusahaan tersebut sudah membahas rencana pengiriman bulk vaccine setelah selesai melakukan uji klinis tahap 3 yang akan diformulasikan di Indonesia pada Q1 2021.

Produksi vaksin memang bukan perkara yang mudah, butuh waktu yang lama untuk bisa benar-benar menemukan vaksin yang sesuai. Vaksin buatan Indonesia akan menjadi kandidat vaksin yang harus dilakukan sejumlah pengujian terlebih dahulu sebelum bisa diproduksi massal.

Kandidat vaksin tersebut harus mengikuti serangkaian ujian, mulai dari uji praklinis, uji klinis fase I, uji klinis fase II, dan uji klinis tahap III. Wah, banyak ya! Makanya kamu masih harus lebih bersabar dan tetap terapkan protokol kesehatan yang benar, ya!

Uji klinis tahap III baru akan dimulai pada Q4 2021. Jika berjalan lancar, vaksin buatan Indonesia ini baru bisa selesai proses pembuatannya setelah dua tahun kemudian. Vaksin yang dikembangkan oleh Indonesia diberi nama vaksin Merah Putih.

Dalam proses pengembangan vaksin Merah Putih, Indonesia bekerja sama dengan Sinovac. Pasalnya, pandemi ini bukan hanya terjadi di Indonesia, melainkan hampir di seluruh negara.

Setelah berhasil menciptakan vaksin tersebut, rencananya Bio Farma akan memproduksi vaksin Merah Putih hingga 250 juta dosis. Diperkirakan vaksin tersebut sudah bisa diproduksi pada 2022.

Seluruh tim peneliti di Eijkman juga sedang berusaha melakukan percepatan kemandirian vaksin Merah Putih ini.

Saat ini, Bio Farma masuk sebagai salah satu shortlist potential vaccine manufacturers for the Covid-19 vaccine yang dibiayai oleh Koalisi untuk Inovasi Persiapan Epidemi (CEPI).

 

konser raisa

Konser Raisa Ditunda, Raisa : Sedih Banget Saat Tau

dynamite

Justin Bieber Turut Berbahagia atas Kesuksesan Dynamite BTS