in

Begini Teknik Dasar Bermain Bola Basket

bermain bola basket
Foto: pexels

Ngobrolin.idBermain bola basket merupakan hobi yang digeluti banyak orang. Permainan asal Kanada ini diciptakan oleh Dr. James Naismith, seorang guru olahraga. Dan, tercetus nama ‘basket’ ketika siswanya menyebut kata tersebut.

Mempelajari bola basket sebenarnya mudah. Sebelumnya, kamu harus mempelajari dulu teknik dasar bermain bola basket.

Cara memegang bola

Cara yang harus dilakukan pertama adalah pegang bola basket dengan kedua tangan, telapak tangan terbuka lebar seperti memegang mangkok besar. Kedua telapak tangan berada di sisi kanan dan kiri bola serta berada di agak belakang.

Jari-jari tangan direntangkan. Kedua kaki dibuka lebar dan salah satu kaki diletakkan pada bagian depan. Usahakan badan kamu sedikit condong ke depan dan lutut tidak kaku.

Passing dan catching

Catching berarti menangkap bola. Cara yang harus dilakukan adalah meraih bola dengan telapak tangan terbuka dan jari terentang. Ketika bola sudah di tangan, genggam bola dengan jari tangan terbuka selebar mungkin.

Passing berarti melempar bola. Ada beberapa teknik yakni chest pass atau melempar dari posisi dada, overhead pass atau melempar dari posisi atas kepala, dan bounce pass atau melempar dengan memantulkan bola ke lantai. Ada pula baseball pass atau melempar bola dari posisi atas atau belakang kepala, serta behind back pass atau melempar bola dari belakang tubuh dan memantulkan ke lantai.

Dribbling

Dribbling atau menggiring bola terdiri atas dua cara yakni menggiring bola rendah (posisi di bawah lutut) dan bola tinggi (posisi lebih tinggi dari lutut).

Langkah menggiring bola sebagai berikut. Pertama, pantulkan bola ke lantai dengan satu tangan. Lalu kontrol bola dalam genggaman jari tangan dan jaga agar tidak bergerak ke segala arah. Siku tangan harus lurus, sedangkan pergelangan dilenturkan.

Pivot

Pivot adalah gerakan menyelamatkan bola dari jangkauan lawan dengan melakukan gerakan memutar. Walaupun memutar, kaki tetap tidak bergerak sebagai poros. Pivot biasa dipadukan dengan tiga gerakan yakni dribble, passing, dan shooting.

Shooting

Shooting adalah gerakan menembak bola untuk mencetak skor. Gerakan ini menggunakan hitungan 1, 2, dan 3 dengan badan berputar di depan tiang.

Lay Up

Gerakan ini dilakukan dengan melangkah dua kali. Kemudian, kamu harus melompat untuk memasukkan bola ke ring. Biasanya teknik ini dilakukan dari sebelah kiri atau kanan keranjang.

Rebound

Gerakan ini berarti mengambil bola yang gagal masuk ke ring. Ada dua jenis rebound, yaitu ofensif dan defensif. Teknik ofensif dilakukan dengan melakukan shoot ulang bola yang gagal dimasukkan oleh rekan satu tim. Sementara, teknik defensif dilakukan untuk tim lawan.

Slam Dunk

Gerakan ini memasukkan bola ke ring dengan tubuh melayang. Gerakan ini merupakan improvisasi dari gerakan shooting. Hanya pemain bertubuh tinggi (di atas 180 cm) yang mampu melakukan teknik ini.

Screen

Gerakan ini dilakukan dengan menyerang lawan untuk membebaskan teman satu tim. Gerakan ini dilakukan dengan menutupi arah pergerakan lawan.

gunung di jawa barat

Rekomendasi Gunung di Jawa Barat untuk Hiking

lagu tentang teman

Rekomendasi Lagu Tentang Teman yang Nggak Sekadar Teman