in

Begini Tipsnya Mengatasi Mimpi Buruk

mengatasi mimpi buruk
Foto: unsplash

Ngobrolin.id — Gangguan tidur yang satu ini memang bikin waktu tidur nggak lagi menyenangkan. Mimpi buruk terjadi karena banyak faktor seperti stres, cemas, dan trauma. Mimpi buruk yang terjadi terus-menerus bisa menurunkan kualitas ativitas sehari-harimu. Oleh karena itu, kamu harus mengatasi mimpi buruk yang dialami.

Mengatur jam tidur

Mengatur jam tidur harian bisa memicu otak menyesuaikan jam biologis dengan waktu jam tidur. Normalnya, manusia membutuhkan waktu tidur 6 sampai 8 jam sehari. Pastikan kebutuhan tidurmu terpenuhi agar mimpi buruk bisa berkurang.

Mengatur kondisi tempat tidur

Posisi tempat tidur berpengaruh pada kualitas tidur. Hadapkan tempat tidur terhindar dari berbagai gangguan seperti jendela dan pintu. Selain itu, hadapkan ke arah yang membuatmu nyaman.

Mengatur kamar

Dekorasi kamar yang berlebihan bisa bikin kamu mimpi buruk, lho. Kurangi berbagai dekorasi yang bisa mengganggu pikiranmu seperti poster, foto, dan sebagainya. Gunakan warna-warna pastel yang kalem sebagai warna utama agar kamarmu terasa lebih menenangkan.

Membuat catatan khusus

Tulis mimpi-mimpi yang kamu alami terus-menerus dalam jurnal atau catatan khusus. Tulis secara rutin yang kamu alami. Mencatat mimpi dapat membantu mengungkapkan kebiasaan yang mengganggu kualitas tidur kamu.

Mengatur persiapan tidur

Kamu bisa membuat ritual tidur sendiri untuk membantu persiapan tidurmu. Persiapan tidur ini bertujuan agar kamu lebih merasa rileks sehingga tidak mengalami mimpi buruk.

Beberapa persiapan tidur yang bisa kamu lakukan antara lain mandi air hangat, mendengarkan alunan radio, dan menulis rencana esok hari. Dengan demikian, kamu merasa tenang ketika tidur.

Hindari stres

Pikiran yang terlalu stres dapat menyebabkan kamu berpikir ketika tertidur. Perasaan yang tidak tenang dan kondisi otak yang masih memikirkan hal berat dapat memicu mimpi buruk, lho.

Hindari film dan buku horor

Hmm… walaupun menghibur, buku dan film horor bisa jadi bumerang kalau kamu punya kebiasaan mendapat mimpi buruk ketika tidur. Terbayang-bayang adegan dan makhluk dalam cerita horor tentu bikin tidur makin nggak nyenyak, dan malah masuk ke dalam mimpi.

Mendengarkan musik santai

Musik santai bisa membantu menenangkan pikiran sebelum tidur. Pastikan kamu mendengarkannya dalam volume yang tidak terlalu keras, ya.

memotivasi anak supaya rajin belajar

Parents, Begini Cara Memotivasi Anak Supaya Rajin Belajar!

strategi story telling

Strategi Story Telling dalam Pemasaran Produk