in

Belajar Bahasa Asing, Mudah dan Gratis dengan Cara Ini

Langkah mudah kuasai bahasa asing, jangan malas dan ragu memulai

belajar bahasa asing
Foto: freepik

Ngobrolin.id Belajar bahasa asing memang susah-susah gampang. Bahasa yang tidak dipakai sehari-hari sering terlupa karena penggunaannya yang jarang. Tapi, kata siapa jika belajar bahasa asing itu butuh biaya yang mahal? Yuk, kita belajar bareng dengan cara-cara simpel berikut. Pastinya, nggak bikin kantong melompong.

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah niat. Belajar bahasa asing biasanya dilakukan untuk keperluan akademis, seperti kuliah ke luar negeri atau mengikuti kegiatan lomba. Pun, bisa jadi untuk hiburan seperti belajar bahasa Korea agar mengerti saat mendengarkan lagu K-pop atau menonton K-drama.

Jika sudah punya niat yang kuat, saatnya mulai menghafalkan huruf-huruf dasar. Tahap ini bisa kamu lewati bila bahasa asing yang ingin kamu pelajari menggunakan huruf latin dalam pengejaannya. Tapi jika kamu ingin belajar bahasa Mandarin, Korea, Jepang, Arab, dan lainnya kamu harus hafalkan dulu huruf-huruf abjadnya.

Langkah ketiga adalah dengan mempelajari kata-kata yang digunakan sehari-hari. Misalnya, kata sapaan dan kata dasar. Kata-kata seperti: “hai”, “selamat pagi”, “selamat makan”, dan kata ganti orang pertama, kedua, dan ketiga sangat penting untuk dimengerti sebagai dasar percakapan.

Cara berikutnya adalah dengan mendengarkan musik atau percakapan dalam bahasa tersebut. Kata-kata dasar biasanya banyak digunakan dalam percakapan. Selain itu, jika sering melakukannya, kamu akan mendapat banyak kosa kata baru yang dapat digunakan untuk bercakap-cakap.

Selain mendengarkan, kamu juga bisa mengasah kemampuan berbahasa asing dengan cara membaca dan menulis. Kedua cara ini dapat meningkatkan kemampuanmu di bidang tulisan. Selain percakapan sehari-hari, tentunya kamu akan sering menjumpai tulisan mulai dari rambu-rambu hingga koran lokal yang ada di negara asing tersebut.

Tulisan yang kamu buat tidak harus rumit. Kamu cukup membuat tulisan sederhana tentang catatan sehari-hari ataupun percakapan singkat. Jangan lupa untuk menuliskan artinya juga agar kamu tidak lupa saat membaca ulang tulisan tersebut.

Terakhir, jangan lupakan langkah jitu yang satu ini. Kamu tentu punya ponsel pintar atau akses internet, dong? Sekarang, sudah banyak aplikasi dan website yang dapat membantumu mempelajari bahasa asing. Jumlah dan bentuk pembelajarannya pun beragam. Kamu juga bisa mengunduh sesuai kebutuhan.

Jadi, nggak ada lagi alasan nggak bisa bahasa asing di zaman sekarang ini, ya. Bahasa asing jadi modal yang penting untuk berkomunikasi dengan banyak orang di seluruh dunia. Selamat belajar!

beda kepo dan peduli

Kepo atau Peduli? Jangan Salah Membedakannya

lelah bekerja

Capek Kerja, Apa yang Seharusnya Kamu Dapat?