in ,

Belajar Sambil Mendengarkan Musik, Efektif Gak Ya?

asal jangan malah jadi karoake-an aja, ya!

belajar sambil mendengarkan musik
foto: unsplash

Ngobrolin.id — Setiap orang memiliki caranya masing-masing dalam belajar, termasuk sambil mendengarkan musik. Gaya belajar sambil mendengarkan musik mungkin tidak bisa dilakukan oleh setiap orang, bahkan ada yang menganggap musik malah menjadi distraksi.

Lalu, bagaimana dengan mereka yang belajar sambil mendengarkan musik, ya? Apakah tidak terdistrak atau malah semakin fokus? Dilansir dari helloSEHAT bahwa belajar sambil mendengarkan musik malah akan membantu otak lebih fokus.

Hal tersebut dikarenakan musik mampu memblokir pikiran kamu saat sedang belajar untuk tetap fokus pada pelajaran dan lagu yang sedang didengarkan. Hal tersebut sudah terbukti melalui penelitian yang dilakukan pada partisipan yang belajar sambil mendengarkan lagu memiliki prestasi lebih unggul dibanding partisipan lainnya yang belajar di ruang bising.

Belajar merupakan kegiatan yang membosankan jika dilakukan terlalu lama. Seseorang bisa fokus bertahan dengan bahan yang sedang dipelajari selama 30 menit awal. Selebihnya, mereka jadi mudah terdistrak oleh gangguan kecil karena rasa bosan. Belajar pun menjadi salah satu aktivitas pemicu stres yang tidak disadari.

Stres tersebut akan mengakibatkan produksi hormon stres yang berdampak pada meningkatnya denyut jantung. Selanjutnya, pernapasan akan semakin cepat dan singkat, tekanan darah mulai naik, tegang, dan akhirnya kamu menjadi sulit berpikir. Tak heran jika saat kamu memaksakan belajar karena besok ulangan, padahal tubuh kamu sudah tidak kuat, akan terasa sangat lelah.

Seperti yang kita tahu bahwa musik dapat meredakan stres, begitupun stres yang ditimbulkan dari belajar. Jadi, saat kamu sudah mulai stres, mendengarkan musik sebentar merupakan pilihan yang tepat untuk memulihkan keadaan.

Katanya mendengarkan musik bisa meningkatkan daya ingat, mengapa demikian, ya? Musik memiliki gelombang suara yang ditangkap oleh gendang telinga dan diteruskan hingga gelombang suara dari musik ditangkap oleh sel-sel rambut yang terdapat di kolea. Gelombang tersebut diubah menjadi sinyal listrik dan diteruskan menuju otak.

Sinyal listrik tersebut akan disalurkan ke seluruh bagian otak, salah satunya adalah bagian hipotalamus yang memproduksi hormon, pengatur tekanan darah, denyut jantung, dan suhu tubuh. Sinyal listrik tersebut membuat hipotalamus bekerja untuk meningkatkan mood bahagia dopamin. Oleh karena itu, musik mampu meredakan stres saat belajar.

Pada saat mendengarkan musik, saraf-saraf kamu menjadi lebih aktif saat mendengarkan musik sehingga seluruh bagian otak pun menjadi aktif. Oleh karena itu, mendengarkan musik mampu meningkatkan fungsi kognitif otak seperti daya ingat.

memperbaiki pola tidur

Cara Memperbaiki Pola Tidur yang Amburadul

Try Out MasukKampus

Try Out MasukKampus Hadir di Purwokerto Menyapa Ratusan Peserta