in

Benarkah Tifus Menular dari Sesama Manusia?

Yuk simak penjelasan berikut

tifus menular
Foto: freepik

Ngobrolin.id — Konon, tifus merupakan penyakit yang dapat menyerang siapa saja dari semua umur. Penyebab tifus sendiri adalah bakteri bernama Salmonella typhii yang masuk ke tubuh. Namun, apakah tifus menular dan dapat ditularkan dari satu penderita ke orang lain secara langsung?

Sebenarnya, tifus merupakan penyakit menular. Ketika seseorang terinfeksi bakteri Salmonella typhii, ia dapat menularkan kepada orang lain yang masih sehat. Jika sudah tertular, penderita pun akan mengalami gejala yang sama.

Penularan penyakit tifus dapat terjadi pada konsumsi air minum yang kotor, mentah, dan sebelumnya telah terkontaminasi bakteri penyebab tifus. Selain itu, bakteri ini juga dapat terdapat dalam air cucian piring. Air tersebut jika digunakan untuk mencuci dan membilas peralatan masak ataupun bahan makanan, dapat menularkan penyakit tifus ke penggunanya.

Tifus juga dapat ditularkan melalui makanan mentah atau yang dimasak setengah matang. Salmonella typhii dapat hidup pada makanan tersebut. Ketika tidak dipanaskan secara sempurna, bakteri tersebut dapat hidup dan masuk ke sistem pencernaan manusia.

Bakteri Salmonella typhii akan terus berada dalam tubuh penderitanya, walaupun penderita tersebut sudah dinyatakan sembuh dari tifus. Penularan ini dapat terjadi ketika penderita tifus yang sedang sakit kepada orang yang masih sehat.

Misalnya, makan dan minum yang telah disentuh oleh penderita tifus, terutama bila ia tidak mencuci tangan dengan bersih selepas dari kamar kecil. Penularan juga dapat terjadi melalui media seperti permukaan toilet yang tidak dibersihkan dengan baik, dan setelah itu penggunanya menyentuh mulut tanpa membersihkan tangan dengan baik.

Makanan dan minuman yang terkontaminasi oleh bakteri Salmonella typhii juga berpotensi menjadi sumber penularan. Oleh karena itu, penting untuk memasak hingga matang beberapa jenis makanan seperti daging dan kerang. Air minum yang kita konsumsi sehari-hari juga sebaiknya dimasak hingga matang terlebih dahulu.

Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menghindari penyebaran tifus antarmanusia adalah dengan mencuci tangan sebelum dan sesudah makan. Mencuci tangan yang baik seharusnya menggunakan air bersih dan sabun. Begitu pula ketika usai menggunakan toilet.

Selain itu, pilih makanan yang disajikan dalam keadaan matang. Hindari mengonsumsi minuman dengan tambahan es batu saat memesan minuman di pinggir jalan.

camilan pelengkap kopi

Camilan Ini ‘Jodoh’ Sempurna Bagi Kopi

wisata di Kalimantan Timur

Liburan? Yuk, Kunjungi Wisata di Kalimantan Timur