in

Benarkah Video Games Bisa Bantu Kita Menemukan Bakat?

video games
Foto: Pixabay

Ngobrolin.id — Saat ini, mulai banyak penelitian yang menunjukkan bahwa dunia virtual dapat menunjukkan kemampuanmu yang sebenarnya. Salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk mengetahui kemampuanmu adalah dengan memainkan video games. Ada juga bukti bahwa kemampuan memimpin kita bisa terlihat dari bagaimana kita membentuk hubungan di video games.

video games
Foto: Pixabay

Beberapa orang mengenal kemampuan yang mereka miliki sehingga cukup beruntung untuk dapat memanfaatkannya, baik di dunia nyata maupun dunia virtual. Bahkan, ada orang-orang yang menuliskan pencapaian mereka dalam game di CV mereka. Namun demikian, banyak juga orang yang tidak menyadari potensi kemampuan mereka.

Penelitian di atas mengisyaratkan bahwa keputusan yang kita ambil dan perilaku kita dalam bermain game ternyata dapat memberitahu kita tentang sistem nilai dan kemampuan yang mungkin berada di alam bawah sadar. Hal ini karena ketika bermain dalam skenario simulasi yang menarik, kita dapat masuk dalam keadaan “mengalir”.

Ini merupakan fenomena psikologis yang ditandai dengan adanya fokus tinggi pada tugas tertentu, dan perasaan bahagia yang datang dari dalam ketika kita menyesuaikan tingkat kemampuan kita dengan tingkat tantangan yang ada, dan menariknya kita benar-benar kehilangan kesadaran diri.

Dalam kata lain, kita begitu terlena dalam skenario game hingga kita bereaksi dengan lebih otentik dibanding ketika kita berada dalam dunia nyata, di mana kita biasanya berperilaku sesuai dengan ekspektasi sosial dan aturan yang ada.

Mengacu pada riset yang mengategorikan pemain game menurut apa yang memotivasi mereka dalam bermain, permainannya akan memperbolehkan pemain memilih antara perilaku yang menunjukkan tingkat kemampuan mereka dan tipe kepribadian, yang didefinisikan dalam tes seperti Myers Briggs.

Perilaku ini dapat meliputi menggabungkan beberapa barang untuk menciptakan alat untuk memecahkan masalah tertentu, memilih untuk menjelajahi daerah baru sendirian, atau bahkan bagaimana satu orang bercakap-cakap dengan orang lain.

Kekurangan dari tes kepribadian yang sudah ada adalah kebanyakan berdasarkan penilaian individu itu sendiri. Hal ini berarti jawabannya bisa jadi hanya tebakan dan bias. Dengan menerapkan sistem di mana perilaku alami dirangsang, lalu diukur dengan indikator kepribadian, hasil untuk menggambarkan individu akan lebih baik.

apa itu blackhole

Kini Sudah Bisa Difoto, Apa Itu Blackhole?

kompres daun sirih.

Cara Tuntaskan Jerawat dengan Bantuan Kompres Daun Sirih