in

Bencana Bengkulu, Duka Indonesia

Memakan banyak korban

banjir bengkulu
Foto: pixabay

Ngobrolin.id — Banjir bandang kembali menerjang salah satu daerah di Indonesia. Kali ini, Bengkulu menjadi korban air bandang ini. Tak tanggung-tanggung, banjir telah membuat belasan ribu orang mengungsi. Puluhan orang meninggal dunia, beberapa dilaporkan hilang. Belum lagi kerugian material yang harus ditanggung.

Setidaknya, dua belas ribu warga Bengkulu mengungsi karena bencana ini. Korban terbanyak berasal dari Kabupaten Kaur, Kota Bengkulu, dan Kabupaten Bengkulu Tengah. Hingga saat ini, pencarian masih terus dilakukan.

Pendistribusian bantuan terus dilakukan. Meskipun, hal ini terhambat karena akses jalan banyak yang terputus karena bencana. Titik banjir pun sangat banyak dan berjauhan sehingga menyulitkan tim untuk mencapai lokasi. Bantuan yang disalurkan berupa tenda, perahu karet, selimut, makanan siap saji, air bersih, peralatan bayi, dan lain-lain.

Sebanyak lebih dari 100 sapi ternak dikabarkan mati akibat banjir. Selain itu, lebih dari 100 kambing dan sejumlah kerbau juga mati. Banjir juga merusak setidaknya 7 fasilitas pendidikan dan 40 titik sarana prasarana insfrastruktur.

Ada beberapa hal yang diperkirakan menjadi penyebab dari tragedi ini. Faktor pertama adalah faktor alam, yakni curah hujan yang tinggi dan meningkat.

Selain itu, peran manusia sebagai pembawa bencana juga disoroti. Deforestasi, degradasi lahan dan lingkungan, berkurangnya kawasan resapan air, lahan kritis, serta tata ruang yang tidak mengindahkan peta bencana dianggap sebagai beberapa faktor penyebab bencana banjir ini.

Bencana kali ini juga diikuti dengan tanah longsor. Aktivis lingkungan menuding penyebab bencana salah satunya karena penggundulan hutan untuk pembukaan tambang batu bara dan berkebunan sawit. Hal tersebut dilakukan di daerah aliran sungai, Kabupaten Bengkulu Tengah.

Merawat lingkungan sudah seharusnya jadi tanggung jawab kita bersama. Selain mendoakan keselamatan korban, kita juga bisa memberi bantuan kepada korban. Tidak ada salahnya juga bila mulai kini kita lebih peduli lagi terhadap lingkungan.

 

Hari Pendidikan Nasional

Mengenang Jasa Guru di Hari Pendidikan Nasional

cara menghitung nilai UTBK

Begini Cara Menghitung Nilai UTBK