in ,

Benda Ini Bisa Jadi Pembatas Buku

Nggak perlu repot-repot membeli pembatas buku terpisah

alternatif pembatas buku
Foto: pixabay

Ngobrolin.id — Tidak semua buku yang dijual di pasaran menyediakan pembatas buku. Alih-alih melipatnya yang justru bisa merusak buku milikmu, kini kamu bisa gunakan benda-benda ini sebagai alternatif pembatas buku. Sederhana, mudah dicari, dan pastinya ramah di kantong jadi alasan mengapa kamu harus mempertimbangkan menggunakannya.

Tiket bioskop

alternatif pembatas buku
Foto: pixabay

Terbuat dari bahan yang cukup tebal, tiket bioskop bisa banget buat jadi pembatas buku yang sedang kamu baca. Selain itu, tiket bioskop juga pastinya tidak akan kamu gunakan lagi, bukan? Tiket ini bisa diselipkan ke dalam buku tanpa takut terlepas sehingga bisa memudahkan kamu mencari halaman buku yang sedang kamu tandai.

Label baju

alternatif pembatas buku
Foto: freepik

Sama seperti tiket bioskop, label baju juga terbuat dari bahan kertas yang lebih tebal. Beberapa jenis baju bahkan memiliki label baju yang unik dan warnanya menarik. Tak heran jika benda yang satu ini bisa jadi pembatas buku yang cocok untukmu.

Sticky notes

alternatif pembatas buku
Foto: pixabay

Bingung menandai kalimat yang sedang kamu baca? Gunakan saja sticky notes. Catatan kecil ini memiliki bagian yang mudah merekat pada kertas. Berbeda dengan label yang bisa merusak kertas ketika dicabut, sticky notes tidak akan merusak kertas bukumu, lho. Bentuknya yang beragam juga bisa membuatmu tidak lagi bingung menandai lebih dari satu halaman.

Foto

Foto kenangan juga bisa kamu gunakan sebagai pembatas buku. Sering kali, kertas foto lebih tebal ketimbang kertas kebanyakan sehingga tidak mudah sobek. Selain itu, foto juga bisa mengingatkan kita pada momen tertentu.

Uang

alternatif pembatas buku
Foto: freepik

Pakai uang pun tidak masalah jika kamu memiliki lembaran yang tidak terpakai. Uang tersebut bisa kamu lipat agar lebih tebal. Usahakan, gunakan nominal rupiah yang tidak terlalu besar ya sehingga jika tiba-tiba hilang kamu tidak terlalu merasa kehilangan.

Kartu nama

alternatif pembatas buku
Foto: freepik

Kartu nama juga dibuat dari bahan kertas yang tebal. Selain itu, bentuknya yang berupa persegi panjang sangat cocok untuk jadi pembatas buku darurat jika bukumu tidak memiliki pembatas buku. Gunakan kartu nama yang pernah kamu dapat atau kartu nama milikmu sendiri.

Bunga imitasi

alternatif pembatas buku
Foto: pixabay

Bahan yang satu ini mungkin agak lebih ribet dibanding bahan yang lain. Namun, selain bisa memberi tanda pada halaman yang sedang kamu baca, bunga imitasi juga bisa membuat bukumu jadi lebih estetik dan unik.

fauna endemik asli Indonesia

Endemik, Ini Hewan Asli Indonesia

jenis buah yang sebaiknya tidak dikonsumsi

Buah Ini Sebaiknya Dihindari Penderita Diabetes