in

Berada di Fase Quarter Life Crisis? Hindari Lakukan Ini

Jangan salah melangkah

quarter life crisis
Foto: freepik

Ngobrolin.id — Konon, memasuki fase quarter life crisis, seseorang akan lebih mudah merasakan depresi menghadapi hidup. Benarkah demikian? Quarter life crisis sangat wajar kok dihadapi semua orang, termasuk kamu. Jangan terburu-buru mengambil keputusan. Alih-alih, kamu bisa menghadapinya dengan menghindari hal-hal berikut.

Menyesali masa lalu

Menyesali masa lalu nggak akan ada gunanya, guys. Kamu sedang berada di salah satu fase terberat dalam hidupmu. Lebih baik, fokuslah dengan rencana yang sedang kamu kejar. Selain bisa memaafkan diri sendiri, tidak menyesali masa lalu juga akan membantumu meraih tujuan hidupmu.

Membandingkan diri dengan orang lain

Pencapaian setiap orang itu berbeda-beda. Waktu yang diperlukan seseorang untuk mencapai titik keberhasilan dalam hidupnya pun berbeda-beda. Jangan iri dengan pencapaian orang lain, apalagi sampai membandingkannya dengan diri sendiri. Selain akan membuatmu lebih merasa terpuruk, kamu pun akan lebih mudah menyerah karena merasa diri sendiri belum menggapai prestasi tertentu.

Meminta saran pada orang yang salah

Sangat penting untuk memiliki support system ketika kamu sedang menghadapi quarter life crisis. Namun, jangan sampai orang-orang terdekatmu justru menjatuhkan mentalmu. Pilihlah orang-orang yang benar-benar bisa kamu percaya dan memberi dukungan padamu dalam menghadapi fase ini. Salah-salah, kamu justru akan mendapat banyak nasihat yang menyakitkan dan membuat langkahmu mundur.

Menuntut segalanya berjalan sempurna

Ada banyak hal yang perlu kamu ketahui ketika memasuki quarter life crisis. Salah satunya adalah menyadari bahwa tidak ada yang sempurna di dunia ini. Jika ada banyak hal yang tidak terjadi semestinya, kamu cukup menerima hal tersebut. Nggak usah dipikir lebih lanjut, ya!

Cemas

Cemas berlebihan juga nggak baik, lho. Cemas memang membuatmu terus ingin maju karena ketakutan akan kegagalan. Namun, jika berlebihan, cemas justru akan menghambatmu melakukan langkah-langkah penting dalam mengambil keputusan. Tenang, semuanya akan baik-baik saja.

Menuntut diri terlalu keras

Maafkan diri sendiri bila gagal memenuhi ekspektasi juga perlu kamu lakukan. Hal tersebut bukan berarti kamu menyerah, kok. Justru, dengan tidak menuntut diri terlalu keras, kamu akan tahu potensi dan kapasitas sesungguhnya dari dirimu.

Mengeluh, lagi-lagi mengeluh

Hindari mengeluh yang berlebihan ya, guys. Selain membuat bebanmu menjadi lebih berat, mengeluh juga bisa memperburuk citramu di depan publik. Terutama, jika kamu mengeluh di sosial media. Hal tersebut sebaiknya dihindari, ya.

Putus asa

Terakhir, jangan mudah putus asa. Coba lagi dan lagi. Walaupun realitas seringkali berseberangan dengan ekspektasi, bukan berarti kamu gagal dan lantas menyerah. Tetap semangat! Semua akan berakhir dengan bahagia!

mengatasi quarter life crisis

Langkah Simpel Hadapi Quarter Life Crisis

Jagat Sinema BumiLangit

Joko Anwar Rilis Pemain Jagat Sinema BumiLangit