in ,

Beragam Jenis Jamu yang Punya Khasiat Berbeda-beda

Selain menyehatkan, rasanya juga menyegarkan

jenis jamu
Foto: instagram jogjaistimewa

Ngobrolin.id — Sebagai salah satu minuman khas Indonesia yang banyak dikonsumsi, jenis jamu cukup banyak. Beragam jenis jamu ternyata punya khasiat yang berbeda-beda, lho. Tidak hanya menyuguhkan kesegaran, jamu yang kamu konsumsi juga bisa membuat badan lebih sehat. Penasaran jamu mana yang paling kamu butuhkan sekarang? Yuk, simak penjelasannya!

Beras kencur

Sama seperti namanya, jamu yang satu ini terbuat dari campuran beras dan rempah kencur. Selain itu, bahan lain seperti jahe dan asam juga ditambahkan untuk memberi rasa yang unik dan menambah khasiat jamu beras kencur.

Minuman yang satu ini bisa dikonsumsi siapa saja, dari anak-anak sampai manula. Dengan mengonsumsi beras kencur, kamu bisa mengurangi pegal linu dan meningkatkan stamina. Selain itu, beras kencur juga bisa menambah nafsu makan.

Kunyit asam

Terbuat dari kunyit dan asam jawa, jamu yang satu ini punya rasa unik yang menyegarkan. Tambahan gula merah dan temulawak memberikan rasa unik yang berbeda dari jamu lainnya. Jamu kunyit asam bisa meredakan sakit saat menstruasi. Selain itu, minuman tradisional yang satu ini juga bisa mencerahkan kulit dan meremajakan sel tubuh.

Sinom

Sinom adalah istilah dari daun asam yang masih muda. Daun sinom ini menjadi bahan baku dalam pembuatan jamu sinom. Tambahan rempah lain adalah temulawak, kunyit, kapulaga, kayu manis, pala, gula merah, dan gula pasir. Jamu sinom dimanfaatkan untuk menambah nafsu makan, mengatasi radang lambung, dan masalah keputihan.

Sambiloto

Memiliki rasa pahit yang kuat, jamu ini terbuat dari daun sambiloto. Nama lain dari jamu ini adalah pahitan. Walaupun rasanya pahit, jamu sambiloto bisa digunakan untuk mengurangi pegal, menambah nafsu makan, dan mencegah diabetes, lho. Jamu ini juga bisa membersihkan jerawat yang menyerang wajah.

Kunci sirih

Jamu yang satu ini terbuat dari rimpang kunci dan daun sirih. Biasanya, asam dan empon-empon ditambahkan untuk memberikan rasa pada jamu kunci sirih. Khasiat jamu yang satu ini adalah untuk menghilangkan masalah keputihan, bau badan, dan dapat memperkuat gigi.

Galian singset

Memiliki nama yang unik, jamu yang satu ini terbuat dari berbagai rempah pilihan. Mulai dari kencur, temu lawak, kunyit, asam jawa, kayu manis, merica, laos, serai, kunyit, cengkih, kapulaga, ketumbar, dan beberapa rempah lainnya. Jamu ini biasa dikonsumsi oleh para wanita.

lagu terbaik Adhitia Sofyan

Best Song of Adhitia Sofyan, Dengar dan Renungkan

fauna endemik asli Indonesia

Endemik, Ini Hewan Asli Indonesia