in

Beragam Mesin Pencari yang Dipakai Dunia

Kamu lebih suka pakai yang mana, nih?

ada banyak mesin pencari
Foto: pexels

Ngobrolin.idMesin pencari dikenal dalam bahasa Inggris sebagai search engine. Mungkin, kamu justru lebih familiar dengan kata tersebut, bukan? Di dunia, ada banyak mesin pencari yang aktif bekerja. Namun, hanya sedikit yang mampu bertahan memperebutkan hati pengguna.

Google

Foto: pixabay

Bisa dipastikan, hampir seluruh pengguna internet pernah menggunakan layanan Google. Sebenarnya, perusahaan ini tidak hanya menyajikan mesin pencari. Beragam produknya yang juga kita nikmati antara lain OS Android, surat elektronik, hingga kanal video.

Terhitung pada Januari 2019, Google telah merengkuh hingga 89,95 persen pencarian yang beredar di internet. Hal ini menjadikan perusahaan multinasional ini menjadi raksasa pencarian data utama di seluruh dunia.

Bing

Foto: Google image

Memiliki jumlah pengguna yang sangat jauh dengan Google, nyatanya Bing masih berada di peringkat kedua. Hingga Januari 2019, layanan mesin pencari Bing digunakan oleh sebanyak 3,99 persen pengguna internet dunia.

Sebelum berubah nama menjadi Bing, mesin pencari ini dikenal sebagai Live Search, Windows Live Search, dan MSN Search. Bing berada di bawah naungan bendera perusahaan multinasional raksasa produk dan jasa komputer, Microsoft.

Yahoo

Foto: pixabay

Yahoo pernah sangat menguasai pasar penguna internet dengan berbagai produknya. Sebut saja Yahoo Messenger yang merupakan aplikasi chatting, Yahoo mail, dan tentu saja search engine-nya. Kini, Yahoo berada di peringkat ketiga sebagai mesin pencari yang digunakan oleh pengguna internet, yaitu sebanyak 2,84 persen.

Baidu

Foto: bing image

Mesin pencari ini khusus dioperasikan di Negara Cina. Baidu menawarkan berbagai fasilitas sperti pencarian situs web, file audio, dan gambar dalam aksara mandarin. Perusahaan ini sendiri didirikan pada 2000 dan telah menjadi mesin pencari paling banyak digunakan nomor empat, dengan jumlah pengguna mencapai 0,56 persen.

DuckDuckGo

Foto: Bing image

DuckDuckGo bekerja sama dengan berbagai sumber dan mesin pencari lain seperti Yahoo, Yandex, Bing, dan WolframAlpha untuk mendapatkan informasi. Berbeda dengan Google yang mengomersilkan data penggunanya, mesin pencari ini sama sekali tidak menyimpan data pengguna.

Startpage

Foto: bing image

Mesin pencari yang satu ini membeli hasil pencarian dari Google. Ia kemudian mengemasnya kembali tanpa alat pendeteksi sehingga data pengguna tidak akan digunakan oleh mesin pencari tersebut.

Yippy

Foto: bing image

Sama seperti mesin pencari berskala kecil lainnya, Yippy memanfaatkan semua mesin pencari populer dan mengolahnya menjadi hasil pencarian.

olahraga malam hari

Olahraga Malam Hari Lebih Efektif, Benarkah?

tarif baru ojek online

Tarif Baru Ojek Online, Sudah Tahu Belum?