in

Beragam Varian Nasi Briyani, Ternyata Nggak Cuma Satu Macam

Nasi briyani yang lezat ini terkenal dan jenisnya banyak!

varian nasi briyani
Foto: pixabay

Ngobrolin.id — Pernah makan nasi briyani? Ternyata, makanan khas Asia Selatan yang satu ini nggak cuma satu macam, lho. Yuk, kenalan sama berbagai varian nasi briyani yang bisa kamu pilih sesuai selera.

Briyani Awadh

Briyani ini merupakan khas daerah Lucknow. Makanan yang satu ini dimasak dengan memisahkan daging dan nasi sebelum dicampur dalam panci tertutup untuk dipanggang. Daging yang digunakan juga ditumis dahulu bersama rempah dalam minyak samin.

Briyani Hyderabad

Daging yang dipakai untuk membuat briyani hyderabad terbuat dari daging kambing atau ayam. Kadang, daging juga dimasak dengan potongan kentang. Hyderabad sendiri merupakan nama salah satu kota di India.

Briyani Iran

Di Iran, briyani lebih dikenal di Kota Isfahan. Daging yang digunakan adalah daging kambing. Paru-paru kambing direbus dan dicincang terpisah sebelum dipanggang di atas wajan khusus.

Cara makan briyani khas Iran ini adalah dimakan bersama roti nan-e taftton atau nan-e sngak. Di Iran, hidangan ini disebut sebagai dum pukht.

Briyani Malabar

Cara masak briyani malabar mirip dengan cara memasak dum pukht. Ciri khas briyani malabar adalah penggunaan rempah yang tidak terlalu banyak. Briyani jenis ini konon diperkenalkan di Kerala oleh pedagang dari Timur Tengah.

Daging yang digunakan adalah daging ayam. Briyani malabar biasa dimakan dengan raita berisi bawang bombai dan tomat. Agar lebih nikmat, kamu bisa menikmati nasi briyani yang satu ini dengan teh lemon yang disebut suleimani.

Briyani Sindh/Lahore

Briyani yang satu ini merupakan variasi dari briyani pakistan. Sama-sama menggunakan daging ayam, pembeda briyani lahore dari briyani pakistan adalah penggunaan kentang pada masakan ini.

Briyani Sri Lanka

Menu yang satu ini menggunakan beragam jenis daging mulai dari ayam, sapi, atau kambing. Makanan yang satu ini juga lebih populer dikonsumsi oleh penganut agama Islam. Di Sri Lanka, briyani dikonsumsi bersama dengan acchar, kari kacang mete, dan sambal daun mint.

Tahiri

Bisa dibilang, tahiri adalah versi lain nasi briyani yang terkenal kaya akan daging. Tahiri aman dimakan oleh para vegetarian atau pemakan sayuran. Hidangan ini cukup populer, lho, di India dan Pakistan.

Tahiri hanya menggunakan kentang sebagai pengganti daging dalam nasi briyani biasa. Briyani ini juga aman dikonsumsi oleh penganut agama Hindu yang tidak mengonsumsi daging.

 

 

rekomendasi buku puisi

Buku Puisi yang Wajib Kamu Baca

baca buku di dalam kendaraan

Pusing Saat Baca Buku di Kendaraan? Ternyata Ini Sebabnya