in

Berantakan? Begini Cara Menyimpan Buku yang Baik

cara menyimpan buku
Foto: unsplash

Ngobrolin.id — Punya banyak buku dan berantakan saat menyimpannya? Kamu perlu mencoba beberapa tips cara menyimpan buku, nih. Sering kali karena banyaknya buku yang kita punya, kita jadi lupa untuk menatanya kembali. Bahkan karena saking banyaknya, tempat penyimpanan pun jadi tidak muat.

Rak buku dekat dengan kasur

Rak buku yang kamu letakkan dekat dengan kasur bisa meminimalisir buku yang kamu miliki jadi lebih berantakan. Alih-alih malas menatanya ke tempat yang jauh, kamu bisa langsung meletakkan buku yang kamu baca ke rak buku.

Kadang, kita sangat suka membaca untuk memancing rasa kantuk sebelum tertidur. Buku yang berserakan di kasur akan rawan robek dan rusak. Dengan meletakkannya di rak buku, buku milikmu pun akan terlihat lebih rapi dan tidak tercecer.

Bikin sendiri perpustakaan mini

Nggak harus besar, perpustakaan mini bisa kamu buat dengan ruangan kecil tidak terpakai yang ada di rumahmu. Ruangan ini bisa kamu pasang beberapa rak buku sederhana. Yang penting, buku yang kamu punya bisa kamu tata dengan rapi.

Selain itu, kamu juga bisa menambahkan kursi baca dan meja untuk meletakkan bacaan yang belum kamu selesaikan. O iya, usahakan ruangan perpustakaan mini ini memiliki lampu yang terang, ya. Selain memudahkan untuk mencari buku yang kamu butuhkan, lampu juga berfungsi untuk melihat debu yang bisa tertumpuk saat menyimpan buku.

Susun buku

Tak kalah penting, kamu juga harus menyusun buku koleksimu dengan urutan tertentu. Kamu bisa menyusunnya berdasarkan genre buku tertentu. Misalnya kamu memiliki banyak buku bertema kesehatan, akan lebih afdol jika kamu menyatukannya. Selain tampak lebih teratur, hal ini juga mempermudahmu untuk mencarinya agar tidak tercampur dengan buku novel.

Selain berdasarkan genre, kamu juga bisa menyusunnya berdasarkan warna. Keunggulan cara ini adalah rak buku yang kamu punya bisa terlihat instagrammable ketika difoto.

Beri selingan

Tak harus berisi banyak buku, kamu juga bisa menata buku dengan menyisipkan beberapa ornamen lain. Misalnya, pot berisi tanaman kecil, beberapa perabot porselen, ataupun ornamen vintage lainnya. Coba, deh. Pasti rak buku milikmu jadi jauh lebih menarik.

 

Lionel Messi

Lionel Messi Dapat Pujian Dewa, Alien, Hingga Genius. Kok Bisa?

membaca lewat e-book

Baca Lewat E-Book Ternyata Punya Banyak Kelebihan