in ,

Berbagai Kombinasi Asupan untuk Anak Sakit

asupan untuk anak sakit
Foto: pexels

Ngobrolin.id — Jika sedang sakit, sering kali anak sulit untuk mengonsumsi makanan. Selain karena tubuh anak jadi lebih lemah, rasa makanan pun berubah jadi kurang enak. Inilah Moms pentingnya mengetahui berbagai kombinasi yang tepat asupan untuk anak sakit.

Tifus

Jika anak menderita tifus, berikan kombinasi makanan yang mengandung karbohidrat, kalori, dan protein tinggi. Berikan makanan yang mudah dicerna. Usahakan makanan tersebut memiliki tekstur lembut.

Batuk, pilek, dan influenza

Asupan makanan dan cairan yang bergizi sangat penting untuk diberikan. Hindari makanan yang mengandung minyak dan lemak. Berikan sup ayam, salad, jus buah dan sayur, serta minuman berbahan jahe. Gunakan bahan putih dalam masakan untuk si kecil.

Diare

Pemberian makanan diberikan agar anak terhindar dari dehidrasi dan kekurangan gizi. Makanan diberikan dalam porsi kecil dan sering. Hindari pemberian makanan yang pedas dan berlemak. Makanan yang terlalu asam dan tinggi serat juga sebaiknya tidak diberikan.

Sebaiknya, jika anak menderita diare, lebih baik berikan asupan nutrisi berupa makanan yang kadar natriumnya tinggi. Misalnya, cairan oralit. Juga berikan teh hangat untuk si kecil.

Sembelit

Jika anak menderita sembelit, berikan makanan yang bertujuan melunakkan feses. Makanan yang sebaiknya dihindari adalah makanan yang justru memperkeras feses. Misalnya, serealia, beras, ketan, dan keju. Hindari juga minuman yang mengandung kafein, soda, dan teh.

Makanan yang sebaiknya diberikan antara lain berserat tinggi, yoghurt, dan konsumsi cairan. Bila perlu, gunakan obat pencahar alami untuk melancarkan proses buang air besar.

Anemia

Penyakit anemia bisa diderita bila anak mengalami kekurangan zat besi. Oleh karena itu, berikan kombinasi empat varian kelompok makanan wajib seperti karbohidrat, protein, lemak, sayur, dan buah.

Berikan makanan yang kaya akan zat besi seperti bayam, hati, ikan, dan kuning telur. Hindari pemberian minuman bersoda, permen, dan daging olahan.

Radang tenggorokan

Makanan yang sebaiknya diberikan bila anak menderita radang tenggorokan adalah yang memiliki tekstur lembut dan berkuah. Nasi dan sayur berkuah bisa Moms berikan untuk si kecil yang sedang kesulitan menelan. Hindari pemberian makanan yang asam, pedas, dan dimasak dengan cara digoreng.

tips memadukan plaid blazer

Tips Memadukan Plaid Blazer Supaya Terlihat Stylish

penyebab alergi

Kenali 7 Makanan Penyebab Alergi