in ,

Beres-Beres Rumah Ala Marie Kondo

ala marie kondo
Foto: pexels

Ngobrolin.id — Pernah merasa kamarmu sempit banget karena banyaknya barang? Bingung cara menata kamar agar terlihat lebih luas? Mungkin sudah saatnya kamu beres-beres rumah ala Marie Kondo.

Perempuan asal Jepang ini mendobrak tata cara beres-beres ala orang kebanyakan dengan bukunya, The Life Changing Magic of Tidying Up, yang berisi cara-cara membereskan rumah dengan rapi dan seketika.

Hingga saat ini, buku ini sudah diterjemahkan ke lebih dari tiga puluh bahasa. Buku sekuelnya pun muncul dengan tema yang tak kalah menarik, tetapi masih dalam satu tema yang sama, yaitu seni merapikan rumah.

Buku tersebut membeberkan cara-cara unik membereskan rumah. Salah satunya adalah dengan mulai membersihkan berdasarkan kategori, bukan dimulai dari satu ruangan ke ruangan yang lain.

Pisahkan sepatu dengan sepatu, baju dengan baju, dan perabot lain dengan sejenisnya. Tumpukkan baju di salah satu bagian ruangan dan kamu pun bakal sadar bahwa bajumu selama ini banyak sekali. Kita memang suka membeli baju, tapi masih sering kebingungan pas mau keluar.

Cara menyeleksi barang yang akan disimpan atau akan disingkirkan adalah dengan memegangnya satu per satu. Barang yang membawa kebahagiaan lebih baik disimpan. Barang yang membawa kenangan buruk, lebih baik disingkirkan. Duh, barang-barang dari mantanmu masih nggak, tuh?

Jika kamu masih bingung ingin menyimpannya atau membuangnya, coba pikirkan kembali. Saran perempuan yang tidak menyukai memakai celana ini adalah dengan kembali bertanya ke diri sendiri. Apakah benda ini akan terpakai di kemudian hari atau tidak. Jika tidak, lebih baik segera singkirkan.

Perempuan yang selalu memakai baju putih ini juga memaparkan lebih lanjut dalam bukunya cara menyimpan barang-barang. Ia menganjurkan meletakkan pakaian dalam bentuk vertikal alih-alih dilipat tipis seperti yang selama ini kita lakukan. Hal ini agar kita lebih mudah pakaian mana yang akan kita pakai dan lebih hemat tempat.

Metode ala Marie Kondo ini disebut dengan KonMari. Inti dari metode ini adalah dengan hanya menyimpan barang yang menyimpan kebahagiaan. Sebab, menurut wanita ini, menyimpan barang-barang yang terlalu banyak di rumah dan berantakan bisa menyebabkan stres. Sudah siap menata kamar dan rumahmu dengan metode KonMari?

lagu terinspirasi teh

Lagu-Lagu ini Terinspirasi dari Teh

kenapa donat bolong

Masih Penasaran Kenapa Donat Bolong?