in ,

Berkebun, Moodbooster Buat Kamu yang Sedang Jenuh

moodboster
foto: pexels

Ngobrolin.id — Jenuh terkadang malah membunuh kreativitas dan semangat kamu buat menjalani aktivitas sehari-hari. Kalau sudah seperti itu, sebaiknya jangan terus tenggelam karena malah akan membuat kamu semakin jenuh. Berkebun bisa menjadi salah satu solusi mengatasi kejenuhan, istilahnya moodboster.

Ketika kamu membuat kebun sendiri, kamu akan fokus memikirkan desain dan merancangnya sedemikian rupa sehingga kamu lupa dengan permasalahan dan tekanan hidup. Selain itu, ketika berkebun kamu akan menggabungkan antara aktivitas fisik dengan interaksi sosial dan berhubungan langsung dengan alam serta sinar matahari. Kondisi tersebut sangat bagus membuat tubuh lebih rileks.

Makanya, banyak yang bilang berkebun bisa membangkitkan rasa gembira dan membantu tubuh untuk sembuh dari rasa stres dan trauma.

Selama berkebun, kamu diajarkan untuk bersabar dan menghargai segala proses. Kamu perlu merawat tanaman dari benih, menyiramnya setiap hari, memberikan pupuk, dan melindunginya dari serangan hama atau cuaca buruk. Dengan berkebun, kamu bisa belajar mengendalikan kejadian yang bisa terjadi karena di luar kendali, seperti kondisi cuaca yang kurang bagus.

Saat benih tumbuh, pasti kamu akan merasa senang. Padahal, benih tersebut belum menghasilkan apa-apa, tetapi rasa senangnya sudah bukan kepalang. Artinya, dengan berkebun kamu juga diajarkan untuk bersyukur terhadap pencapaian apa pun, meski pencapaian tersebut masih terbilang kecil.

Merawat kebun juga akan membuat tubuh lebih terhubung dengan alam sekitar dan juga beberapa orang berkecimpung dalam dunia yang sama. Dengan begitu, kamu tidak akan merasa kesepian.

Beberapa penelitian mengatakan bahwa menghabiskan waktu di ruang hijau bisa menurunkan tekanan yang disebabkan oleh gangguan psikologis. Bahkan, hanya menghabiskan 20 menit di ruang hijau seperti kebun, sudah terbukti mampu memberikan dampak positif terhadap kesehatan mental.

Berkebun tak hanya menjadi moodboster untuk kamu yang sedang jenuh, tetapi juga bisa menjadi gaya hidup yang sangat berguna di masa depan. Berkebun bisa membuat kamu untuk termotivasi menerapkan gaya hidup sehat serta lebih mencintai lingkungan. Pasalnya, setelah berkebun kamu pasti akan tahu kalau lingkungan yang sehat itu sangat penting untuk keberlangsungan hidup manusia.

bunga lebih tahan lama

Tips Biar Bunga Lebih Tahan Lama Gak Cepet Layu

lagu pamungkas

Selain To The Bone, Ini Lagu Pamungkas yang Wajib Kamu Denger!