in

Berkelana di Jakarta Makin Mudah dengan Transportasi

ayo naik transportasi publik untuk mengurangi polusi kendaraa

trasnportasi di Jakarta
foto: unsplash

Ngobrolin.id — Mungkin dulu ‘wajah’ Jakarta cukup menakutkan bagi sebagian orang, terlebih tentang transportasi publik yang tidak terawat. Banyak tindak kejahatan seperti copet, hipnotis, dan jambret yang membuat orang-orang enggan menggunakan transportasi publik di Jakarta. Sekarang, ‘wajah’ Jakarta sudah tak sekelam dulu. Kamu bisa berkelana dengan aman dan mudah dengan transportasi publik yang sudah disediakan oleh pemerintah.

Transportasi publik di Jakarta ditujukan untuk memperlancar mobilitas warga yang sebagian besar berprofesi sebagai pekerja. Dulunya, Jakarta menjadi salah satu kota yang paling macet. Setelah transportasi publik menjadi perhatian pemerintah, peringkat kemacetan di Jakarta perlahan-lahan menurun. Sekarang, tak hanya para pekerja yang memanfaatkan transportasi tersebut, sebagian penduduk dari luar kota sengaja datang untuk berwisata menikmati sensasi transportasi publik Jakarta.

Commuterline

foto: unsplash

Kereta adalah salah satu moda transportasi yang sudah ada sejak dulu. Dibanding moda transportasi lainnya, kereta commuterline sudah lebih dahulu mengalami modernisasi pada 2011. Kereta listrik ini sudah menjadi transportasi utama yang menghubungkan kota-kota penyangga sekitar Jakarta dengan Kota Jakarta itu sendiri. Kini, perjalanan lebih singkat dan mudah jika ditempuh menggunakan kereta commuterline.

Transjakarta

trasportasi publik di Jakarta
foto: unsplash

Transjakarta pertama kali beroperasi pada 2004 dan hingga kini perusahaan tersebut terus melakukan perbaikan fasilitas pelayanan untuk menarik minat masyarakat Kota Jakarta menggunakan transportasi publik. Layanan Transjakarta sudah beroperasi 24 jam dan menambah rute untuk menghubungkan masyarakat di kota-kota penyangga Jakarta.

Bus tingkat

Bus tingkat sempat muncul pada era ‘90-an dan menghilang beberapa tahun berikutnya. Pada 2014, pemerintah Kota Jakarta mulai memunculkan kembali bus tingkat menjadi bus wisata yang ditujukan untuk wisatawan yang berkunjung ke Kota Jakarta. Bus ini akan membawa para turis berkeliling Kota Jakarta dengan cuma-cuma. Bus ini pun dilengkapi oleh pemandu wisata yang menerangkan setiap destinasi yang dituju.

MRT

foto: unsplash

Salah satu moda transportasi favorit masyarakat yang berkunjung ke Kota Jakarta dan baru saja diresmikan pada 24 Maret 2019. Rute MRT masih terbatas, tetapi sudah mampu mempersingkat perjalanan di ibu kota. Rutenya baru tersedia dari Bundaran HI hingga Lebak Bulus. Stasiun MRT pun dirancang sedemikian rupa untuk memberikan kenyamanan bagi para pengguna.

Sudah saatnya kini kamu berganti dari transportasi pribadi dengan transportasi publik untuk mengurangi kemacetan dan polusi yang dihasilkan kendaraanmu. Transportasi publik di Jakarta masih akan mengalami peningkatan, baik dari segi fasilitas maupun rute, lho!

 

 

GoPay

Kamu Bisa Bayar Berbagai Kebutuhan lewat GoPay

kereta api garut

Kereta Api Jakarta-Garut, Kehadirannya Disambut Meriah