in

Berkenalan Lebih Jauh dengan Diare

Diare itu apa
Foto: pixabay

Ngobrolin.id Gangguan saluran pencernaan ini pasti pernah diderita hampir semua orang. Gejala ini juga dikenal dengan nama mencret. Tanda-tandanya pun bisa dikenali dari penderita yang akan buang air besar lebih sering dan lebih encer daripada biasanya. Diare itu apa, sih?

Diare bisa dikatakan bukan merupakan suatu jenis penyakit. Lebih jelasnya, diare merupakan tanda dari penyakit yang sedang diderita.

Terjadinya diare merupakan upaya tubuh untuk mengeluarkan racun yang ada dalam butuh. Selain racun, virus, kuman, bakteri, dan mikroorganisme berbahaya lainnya juga coba dikeluarkan tubuh lewat mekanisme tersebut. Nggak cuma diare, mekanisme pengeluaran racun tersebut juga bisa dilakukan tubuh dengan cara memuntahkan kembali isi perut.

Ada banyak obat diare dan muntah yang beredar di pasaran. Sebenarnya, mereka tidak benar-benar mengobati, lho. Obat diare hanya akan mengurangi atau menghentikan gejala, baik diare maupun muntah.

Beberapa obat bahkan memiliki efek samping. Jadi, ada baiknya jika kamu terserang gejala diare, segera pergi ke dokter untuk mencari tahu penyebab dan penyakit yang sedang melanda.

Diare sendiri bisa dipicu oleh beberapa hal. Pertama, terjadinya infeksi di usus oleh mikroorganisme patogen dan berbahaya. Infeksi ini umumnya dilakukan oleh virus. Salah satu jenis virus yang bisa menyebabkan diare adalah Rotavirus.

Selain itu, beberapa bakteri juga bisa menyebabkan diare antara lain Escherichia coli, Salmonella Enteriditis, Campylobacter, dan Shigella. Beberapa bakteri tersebut dapat ditemukan pada sayuran dan buah yang tidak dicuci bersih. Daging yang dimasak kurang matang juga bisa jadi tempat bersarangnya para bakteri tersebut.

Diare juga bisa disebabkan oleh keracunan makanan. Berkaitan dengan adanya bakteri dalam makanan, bakteri pembusuk juga bisa jadi penyebab diare. Oleh karena itu, makanan yang sudah busuk sebaiknya tidak dimakan karena bisa berbahaya bagi kesehatan.

Hal lain yang bisa menyebabkan diare adalah pemakaian obat-obatan. Misalnya adalah konsumsi antibiotik yang tidak bijak. Bukannya membunuh mikroba jahat, mikrobiotik juga bisa mengganggu keseimbangan bakteri baik dalam usus.

Diare juga bisa merupakan tanda dari gangguan pencernaan atau malabsorpsi. Selain itu, diare juga bisa disebabkan oleh alergi bahan makanan tertentu. Alergi yang paling sering menyebabkan diare adalah alergi pada susu sapi. Gejala ini biasa disebut sebagai lactose intolerance. Keadaan ini disebabkan ketiadaan enzim yang mampu mencerna protein susu sapi sehingga pencernaan pun terganggu.

krim anti-aging

Jangan Percaya Janji Manis Krim Anti-Aging, Ini Alasannya!

penyebab mimpi buruk.

Ini Penyebabnya Sering Mimpi Buruk