in ,

Berlokasi di Jakarta, Baca Buku di Sini Dijamin Antibosan

Baca buku dengan tenang di sini

Tempat membaca di Jakarta
Foto: instagram erasmushuis_jakarta

Ngobrolin.id — Membaca jadi salah satu hobi yang menyenangkan. Masalahnya, menemukan tempat membaca buku yang nyaman tidaklah mudah. Jika kamu tinggal di Jakarta, hal tersebut bisa diatasi. Kini, kamu bisa membaca buku dengan tenang di tempat-tempat berikut. Tempat membaca di Jakarta ini dijamin asik dan antibosan.

Erasmus Huis Library

Tempat membaca di Jakarta
Foto: instagram erasmushuis_jakarta

Siapa sangka, perpustakaan Kedutaan Belanda ini memiliki koleksi bacaan yang cukup lengkap. Sebanyak lebih dari 14 ribu judul buku tersedia di sini. Sebagian besar buku yang terdapat di Erasmus Huis Library ini berbahasa Belanda. Ruangan yang tenang, dingin, lengkap dengan wi-fi cocok untukmu yang hobi baca sambil bersantai.

Kamu bisa mengunjungi lokasi ini di gedung Kedutaan Besar Belanda, Jalan Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan. Kamu akan dikenai biaya pembuatan kartu anggota sebesar Rp30 ribu untuk umum dan Rp15 ribu untuk pelajar dan mahasiswa. Kartu ini digunakan untuk meminjam buku koleksi perpustakaan. Kamu bisa mengunjungi gedung ini tiap Senin—Kamis (09.00—16.00), Jumat (09.00—14.00), dan Sabtu (10.00—13.00).

Perpustakaan Nasional RI

Tempat membaca di Jakarta
Foto: instagram astrid_rd

Kamu bisa menemukan lebih dari 2,6 juta eksemplar buku di Perpusnas RI ini. Seluruh koleksi ini tersimpan di bangunan yang memiliki lantai hingga 24 ini. Fasilitasnya pun beragam. Kamu bisa membaca buku, menggunakan layanan audiovisual dan multimedia, data center, serta mengunjungi bagian koleksi buku langka. Kabar baiknya, seluruh fasilitas ini bisa kamu akses secara gratis.

Dengan membuat kartu anggota, kamu bisa meminjam buku dari perpustakaan ini. Jika tertarik, kamu bisa datang ke Jalan Medan Merdeka Selatan. Perpustakaan Nasional RI buka tiap Senin—Kamis (08.30—18.00), Jumat (09.00—18.00), dan pada akhir pekan (09.00—16.00).

Perpustakaan Daerah Provinsi DKI Jakarta

Tempat membaca di Jakarta
Foto: instagram edupediastore

Salah satu lokasi yang wajib pula kamu sambangi adalah Perpustakaan Daerah Provinsi DKI Jakarta. Berlokasi di Taman Ismail Marzuki, atau yang kerap disebut TIM, kamu bisa mengunjungi gedung ini. Dari jauh, kamu bisa mengenali gedung yang berwarna abu-abu dan merah ini. Dari gerbang masuk, kamu hanya tinggal belok kanan. Lokasi TIM sendiri berada di Jalan Cikini Raya No. 73, Menteng.

Semua pengunjung akan mendapatkan fasilitas loker untuk menaruh barang. Syarat masuknya hanya memberikan kartu identitas. Di lantai dua, ada ratusan koleksi buku. Tak hanya berbahasa Indonesia, ada pula buku yang berbahasa asing. Koleksi ini mencakup buku dan novel berbahasa Inggris yang bisa kamu temui dengan mudah di sini.

 

5 tempat wisata murah di Surabaya

5 Tempat Wisata Murah di Surabaya yang Cocok Banget Buat Backpacker

cara menghindari stres saat bekerja

Hindari Stres Bekerja dengan Cara Ini