in , ,

Berniat Diet? Coba Morning Routine Ini

Biasakan hal sederhana di pagi hari untuk bantu turunkan berat badan

menurunkan berat badan
Foto: freepik

Ngobrolin.id — Diet menjadi momok bagi banyak orang yang telanjur memiliki berat badan berlebih. Banyaknya metode diet dan tips menurunkan berat badan bukan jaminan seseorang termotivasi untuk melakukannya. Berat? Tentu saja. Sebagai latihan, yuk coba menurunkan berat badan dengan sederhana lewat morning routine berikut.

Di pagi hari setelah bangun tidur, cobalah mengonsumsi air putih dalam jumlah banyak. Air dapat meningkatkan kalori yang nantinya dibakar oleh tubuh. Air juga dapat mengurangi rasa lapar di pagi hari. Jadi, kamu tidak akan tergoda untuk mencoba camilan tidak sehat seusai bangun tidur.

Setelah itu, cobalah buka jendela lebar-lebar atau pergi ke balkon rumah. Rasakan matahari pagi diam-diam menyambutmu. Indah? Kabar baiknya, matahari pagi juga memiliki dampak positf bagi kesehatan, lho.

Sinar matahari dapat membantu tubuh memproses vitamin D. Jika vitamin D dalam tubuh tercukupi, tubuh akan lebih sulit mengalami kenaikan berat badan. Tubuh membutuhkan sinar matahari selama 10—15 menit di pagi hari. Hanya sebentar, bukan?

Kamu juga dapat melakukan banyak aktivitas fisik di pagi hari sambil berjemur sebentar di bawah sinar matahari pagi. Melakukan gerakan sederhana seperti perenggangan juga akan membantumu tidak bosan hanya berjemur.

Tips lain melakukan morning routine untuk menurunkan berat badan adalah dengan menimbang berat tubuh setiap pagi hari. Hal ini terdengar ‘melawan’ kaidah diet kebanyakan untuk tidak terlalu banyak menimbang dan fokus pada proses.

Namun, cara ini cukup efektif, lho. Menimbang berat badan di pagi hari akan meningkatkan motivasi untuk menurunkan berat badan. Bila kamu merasa sudah telalu berat, kamu akan mencoba mengontrol asupan dan kegiatanmu selama sehari nanti, bukan?

Langkah terakhir cara menurunkan berat badan dengan sederhana adalah dengan mengonsumsi sarapan. Jangan sekalipun cheating untuk tidak sarapan di pagi hari.

Jenis makanan yang dikonsumsi di pagi hari pun ada triknya, lho. Sebaiknya, cobalah mengonsumsi makanan dengan kandungan protein yang tinggi sebagai menu sarapan. Asupan ini akan menurunkan kadar hormon ghrelin yang bertanggung jawab pada rasa lapar yang dirasakan manusia. Contoh makanan ini adalah telur dan kacang-kacangan.

Menyimpan makanan di kulkas

Hindari Cara Menyimpan Makanan di Kulkas Seperti Ini

metode WOOP

Berkenalan dengan Metode WOOP, Kunci Sukses Andalanmu