in ,

Biar Gak Nangis Bombay, Begini Cara Mengiris Bawang Tanpa Membuat Mata Perih

Cara motong bawang anti nangis

mengiris bawang
foto: Pixabay

Ngobrolin.id— Mengiris bawang terutama bawang merah dan bawang bombai bisa membuat seseorang meneteskan air mata karena terasa perih. Hal tersebut karena bawang yang dipotong menimbulkan iritasi kimia yang disebut dengan nama syn-Propanethial-S-oxide. Ketika iritasi tersebut mencapai mata kamu, kelenjar air mata terangsang untuk melepaskan air mata. Air mata tersebut muncul bersamaan dengan rasa pedih yang membuat banyak orang tidak kuat bertahan lama-lama untuk mengiris bawang.

Tenang saja, kondisi pedih tersebut masih aman dan tidak akan menimbulkan efek yang lebih berbahaya, kecuali terus mengeluarkan air mata seperti sedang menangis.

Eits, rasa pedih tersebut sebenarnya bisa kamu cegah melalui berbagai cara, lho! Berikut ini beberapa cara mengiris bawang yang gak bakalan bikin kamu nangis.

Gunakan pisau yang cukup tajam

Pisau yang tajam akan membuat proses pemotongan berjalan lebih mulus dan menimalisir kerusakan pada sel-sel bawang. Pengirisan dengan pisau yang tajam juga bisa mengurangi pelepasan bahan kimia yang bisa membuat mata kamu jadi pedih. Lagian motong pake pisau yang tajam tidak akan membuat kamu emosi, tidak seperti pisau yang sudah tumpul.

Gunakan kipas angin

Kamu bisa banget memanfaatkan kipas angin jika memungkinkan. Kipas tersebut diarahkan ke bawang saat sedang mengiris. Cara ini terbilang efektif karena kipas akan mendorong pelepasan bahan kimia dari bawang ke arah yang lain. Tapi kamu perlu meletakkan kipas pada posisi strategis, jangan sampai angin dari kipas malah mengarah ke kamu, nanti yang ada perihnya jadi double kill.

Dinginkan bawang

Bawang yang akan diiris bisa didinginkan terlebih dahulu dengan cara disimpan di dalam kulkas selama 30 menit hingga satu jam. Bawang yang sedang dingin tidak mudah melepaskan bahan kimia yang dapat membuat mata pedih.

Buang bagian akar

Bagian akar bawang mengandung bahan kimia yang sangat banyak sehingga bagian tersebut cenderung lebih mudah membuat mata pedih. Dengan membuang bagian akar yang terdapat di ujung bawang dan memiliki benang kecil seperti rambut, kamu bisa meminimalisir paparan iritasi dari bawang.

 

madu dengan air panas

Jangan Sampai Salah, Madu Gak Boleh Dicampur Air Panas, Lho!

lampor

Kisah Lampor yang Belakangan Viral di TikTok