in

Biar Kamu Tahu, Ini Perbedaan antara 5G dan 4G

5G dan 4G
foto: Pixabay

Ngobrolin.id — Jaringan internet 5G sudah resmi diluncurkan di Indonesia pada 27 Mei 2021 lalu secara terbatas. Operator pertama yang menyediakan layanan jaringan 5G adalah Telkomsel, operator ini sudah mengantongi Surat Keterangan Laik Operasi (SKLO) dari Kementerian Komunikasi dan Informasi. Karena masih baru di Indonesia, gak heran kalau masih banyak masyarakat yang belum paham perbedaan antara 5G dan 4G.

5G merupakan generasi kelima dari teknologi seluler nirkabel yang akan menggantikan 4G sebagai jaringan utama untuk perusahaan seluler dan produsen telepon. Kecepatan jaringan ini dapat mencapai 1 Gbps atau setara 1.000 mbps. Selain itu, jaringan ini sudah menggunakan teknologi beamforming dan Mimo masif untuk mengirimkan sinyal nirkabel dengan kemungkinan gangguan yang lebih sedikit.

Perbedaan yang paling ketara antara kedua jaringan beda generasi tersebut adalah kecepatannya. Kecepatan 5G di daerah padat penduduk dapat 10 kali lebih cepat dibanding 4G, dengan kecepatan rata-rata yang hampir sekitar 500 Mbps.

Internet jaringan generasi terbaru ini juga jauh lebih cepat karena sudah menggunakan pita radio frekuensi tinggi untuk mengirimkan sinyal Wi-Fi. Jaringan ini juga menghadirkan teknologi baru dan frekuensi radio yang lebih luas.

Menara dan pemancar jaringan generasi terbaru sudah menggunakan lebih banyak antena dan pita radio frekuensi yang lebih tinggi sehingga menghasilkan kecepatan yang lebih tinggi dengan waktu respons yang lebih singkat. Keunggulan lain yang gak kalah menarik dari jaringan terbaru ini ialah bisa digunakan dalam kapasitas yang lebih besar. Dengan begitu, pengguna tetap bisa mengakses jaringan di tempat yang banyak orang, seperti stadion.

Di Indonesia, jaringan 5G masih sangat terbatas. Jaringan ini hanya bisa dinikmati di Kelapa Gading, Pondok Indah, Pantai Indah Kapuk, Widya Chandra, Bumi Serpong Damai, dan Alam Sutera.

Jaringan ini juga perlu di-support oleh handphone yang dapat mendukung jaringan. Saat ini beberapa ponsel yang diketahui bisa mendukung jaringan ini adalah iPhone 12, Samsung Galaxy S20 Plus 5G, Samsung Galaxy A71 5G, dan OnePlus 8 pro 5G.

Negara-negara lain yang sudah menggunakan jaringan terbaru ini adalah Korea Selatan, Tiongkok, Jepang, Amerika Utara, Kanada, Amerika Latin, dan beberapa negara Eropa.

 

mugwort

Mugwort, Tanaman yang Banyak Digunakan pada Skincare Korea

Tersanjung the Series

Tersanjung The Series, Series Baru Lainnya yang Ditunggu-tunggu