in ,

Bibir Hitam? Ternyata Ini Penyebabnya

ketahui penyebab bibir kamu menghitam

bibir hitam
foto: pexels

Ngobrolin.id — Jika bibir seseorang terlihat menghitam bukan saja hanya disebabkan oleh aktivitas merokok, ada banyak penyebab bibir hitam yang jarang disadari. Biasanya, penyebab itu datang dari kebiasaan yang kurang baik. Berikut ini beberapa penyebab bibir hitam.

Kafein

Kalau kamu senang minum teh atau kopi, sebaiknya saat ini mulai berhati-hati karena kafein yang terkandung dalam minuman tersebut bisa menyebabkan warna bibir menjadi lebih gelap. Minuman panas berkafein seperti kopi atau teh sebaiknya diminum dalam batas wajar, jangan berlebihan. Kamu bisa mengurangi frekuensi konsumsi minuman tersebut untuk mengembalikan warna bibir menjadi lebih cerah.

Kebiasaan menggigit dan menjilat bibir

Kebiasaan menggigit atau menjilat bibir, terkadang dilakukan dengan spontan tanpa disadari. Namun ternyata, kebiasaan ini dapat berpengaruh buruk terhadap warna bibir yang berubah menjadi lebih gelap. Untuk menghilangkannya, kamu harus berhenti menggigit atau menjilat bibir.

Lipstik tidak bagus dan kedaluwarsa

Jika kamu senang menggunakan lipstik, sebaiknya perhatikan kondisi lipstik tersebut. Tidak mau kan setelah lipstik dihapus, bibir kamu malah terlihat hitam kusam.

Lipstik yang bisa menyebabkan perubahan warna pada bibir adalah lipstik yang mengandung bahan isopalmityl diglyceryl senacate, asam ricinoleic, asam lemak dipentaerythirol, dan tar batubara. Kandungan tersebut bisa menyebabkan bibir alergi dan akhirnya menghitam. Selain itu, lipstik yang sudah kedaluwarsa juga bisa menyebabkan perubahan warna pada bibir.

Merokok

Sudah jelas merokok merupakan kebiasaan yang bisa menyebabkan bibir menghitam. Selain itu, kebiasaan merokok bisa menimbulkan garis-garis kerutan di sekitar bibir. Perubahan warna pada bibir disebabkan oleh panas dari rokok yang bisa membakar kulit bibir sehingga bibir luka dan akhirnya menimbulkan pigmentasi.

Bibir kering

Bibir mudah kering, apalagi jika tubuh kekurangan cairan seperti pada musim panas. Kulit bibir yang selalu terbuka bisa membuat kelembapan bibir mudah sekali hilang. Itu sebabnya kalau kamu kebanyakan berbicara bisa membuat bibir terasa kering. Nah, bibir yang kering bisa menyebabkan bibir pecah-pecah dan berpotensi berubah warna menjadi lebih gelap.

alasan memulai bisnis

Berbagai Alasan untuk Memulai Bisnis di Usia Muda

cowok toxic

Tanda-tanda Cowok Toxic yang Kurang Baik Buat Kamu