in

Bikers, Jangan Sepelekan Ini! Fatal Akibatnya!

Hati-hati, ya, guys.

pengendara motor
Foto: pixabay

Ngobrolin.id — Tanpa kita sadari, ada banyak hal yang biasa dilakukan oleh pengendara motor tapi justru berdampak berbahaya bagi keselamatan, lho. Hindari melakukan hal-hal berikut agar kamu tidak menjadi korban. Yuk, mulai safety riding dari sekarang.

Tidak menggunakan helm

Kesalahan utama yang dilakukan pengendara motor di Indonesia adalah tidak menggunakan helm. Padahal, helm sangat berguna untuk melindungi kepala bila terjadi hal yang tidak diinginkan.

Alasan utama yang sering dilontarkan orang yang tidak memakai helm saat berkendara adalah: “Ah, dekat.” Padahal, jarak yang dekat tidak membuat aspal menjadi empuk, bukan? Demi keselamatan, tetap gunakan helm sedekat apa pun jarak yang kamu tempuh, ya.

Berkendara tanpa spion

Menjadi tren di kalangan anak muda, motor tanpa spion sebenarnya dilarang oleh undang-undang. Kamu bisa ditilang polisi yang sedang bertugas bila nekat menggunakannya. Selain itu, spion pun sebaiknya digunakan dalam keadaan terbuka.

Spion berguna untuk melihat bagian belakang jalan yang sedang kamu kendarai. Dengan begitu, kamu tidak perlu menengok ke belakang berulang kali. Tanpa spion, kamu akan kesulitan dan berpotensi melukai pengendara sepeda motor lainnya jika ingin menyalip atau menyeberang.

Pakai sandal jepit sebagai alas

Sering dilakukan oleh pengendara motor Indonesia, berkendara dengan sandal jepit sebenarnya sangat berbahaya. Sandal jepit tidak dapat dikenakan dengan sempurna. Alas kaki ini akan sangat mudah lepas. Selain itu, sandal jepit juga tidak memiliki pengaman yang dapat melindungi punggung kaki dan jari-jarimu. Sebaiknya, segera ganti alas kaki jika hendak berkendara dengan motor.

Jaket terbalik

Bukan style, salah satu alasan pengendara motor menggunakan jaket terbalik biasanya karena menghindari angin saat berkendara. Padahal, penggunaan jaket dengan cara ini dapat berbahaya bagi keselamatan pengendara, lho.

Jika kamu menggunakan jaket terbalik, otomatis kamu tidak mengancing jaket tersebut dengan baik dan benar. Bisa jadi, jaket tersebut menjuntai ketika dikenakan. Mulai dari tersangkut pada bodi kendaraan, hingga terseret laju kendaraan merupakan akibat yang mungkin terjadi. Yuk, mulai sekarang kenakan jaket dengan benar.

manfaat berenang

Manfaat Berenang yang Mungkin Kamu Belum Tahu

lipstik matte di bawah Rp100 ribu

5 Lipstik Matte di Bawah Rp100 Ribu