in

Bikin Hunian Asri dengan Dekorasi Tanaman Ini, Yuk!

Dekorasi tanaman
Foto: Shutterstock

Ngobrolin.id — Kehadiran sebuah taman akan membuat rumah terlihat cantik dan asri. Selain itu, tanaman juga menyumbang oksigen dan mampu mengurangi kadar polusi udara yang masuk ke rumah. Nah, dekorasi tanaman depan rumah bisa kamu jadikan andalan supaya para penghuni rumah betah bersantai di taman tersebut.

Penasaran cara menerapkan desain taman depan rumah minimalis yang ideal walaupun lahan terbatas? Yuk, simak ulasannya, seperti dilansir Dekoruma.

Taman dengan lantai kayu dan rumput

Tidak hanya interior rumah yang akan terlihat hangat jika menggunakan lantai kayu, tapi juga taman depan rumah minimalis. Lantai kayu ini bisa dimanfaatkan untuk meletakkan berbagai kursi teras supaya posisinya lebih stabil dan berjemur di bawah sinar matahari menjadi lebih nyaman.

Taman depan rumah minimalis ini ditutupi dengan rumput taman yang pendek untuk kesan yang lebih asri dan hijau. Untuk mempercantik taman depan rumah minimalis milikmu, tanamlah semak-semak atau bunga berukuran kecil di sudut taman. Dipadukan dengan bebatuan putih juga ideal untuk menghadirkan taman kering mini.

Taman dengan tanaman merambat

Jika lahan depan rumah terbatas sehingga tidak memungkinkan untuk ditanami tanaman hias, mengapa tidak coba menghadirkan tanaman di area dinding luar rumah? Contoh saja taman depan rumah minimalis yang dihadirkan melalui tanaman merambat.

Ditata agar tidak menghalangi akses masuk rumah, pemilihan jenis tanaman merambat juga penting selain untuk estetika. Agar lebih bervariasi, pilih tanaman merambat yang berbunga seperti wisteria, morning glory, bugenvil, dipladenia, dan petrea volubilis.

Taman dengan pot

Menggunakan sejumlah pot tanaman bisa menjadi alternatif untuk menciptakan taman depan rumah minimalis tanpa memerlukan tanah. Selain tidak memakan banyak tempat, kamu juga tidak perlu khawatir lantai teras akan kotor terkena cipratan tanah saat hujan turun. Supaya lebih rapi, tata pot tanaman di atas rak dinding pada luar rumah.

Jika kamu mempunyai palet kayu bekas, tak ada salahnya memanfaatkannya dengan menanam bunga-bunga kecil pada sela-sela dari palet kayu tersebut. Taman depan rumah minimalis milikmu dijamin akan terlihat unik. Jangan lupa untuk memerhatikan ukuran pot tanaman yang digunakan agar sesuai dengan luas taman sehingga terlihat serasi dan estetik.

Taman dengan tempat duduk yang nyaman

Kalau kamu senang mengisi waktu luang bersantai di halaman depan rumah, tak ada salahnya menambahkan tempat duduk yang nyaman. Tak hanya menjadi taman depan rumah minimalis, menjadikan sofa sebagai ayunan gantung tentu akan membuat kamu betah.

Jangan lupa menaruh berbagai bantal dekorasi yang empuk supaya waktu istirahat kamu menjadi lebih nyaman. Di sekeliling area tempat duduk ini pun bisa kamu tanam dengan satu atau dua jenis tanaman hias untuk kesan estetik yang sederhana.

Taman ala Jepang

Lahan terbatas memerlukan elemen sederhana yang tetap estetik sehingga cocok untuk diterapkan desain taman Jepang. Elemen alam hadir dalam bentuk bebatuan, tanaman hijau, bambu, dan air.

Tak harus memenuhi ruangan, taman depan rumah minimalis ini malahan terlihat menyejukkan. Selain perawatan yang minim karena tanaman hias yang sedikit jumlahnya, suara air mengalir akan membawa ketenangan bagi para penghuni rumah.

Ternyata lahan terbatas memang bukan halangan untukmu memiliki taman depan rumah minimalis, bukan? Sudah tidak ada alasan lagi, mulailah bergerak untuk mewujudkan kehadiran taman depan rumah minimalis yang selama ini kamu impikan!

galeri tercanggih di Indonesia

Bandung Punya Galeri Tercanggih di Indonesia

resep minuman pisang

Resep Minuman Pisang Sederhana, Gampang Bikinnya!