in

Bikin Toner Sendiri dari Bahan Mentimun

bikin toner sendiri
Foto: pexels

Ngobrolin.idToner merupakan salah satu skincare yang digunakan banyak orang sebagai tahapan skincare untuk menjaga kulit wajah. Fungsi utama toner adalah untuk membantu membersihkan sisa-sisa make up dan polusi yang ada di wajah. Tapi, pernah nggak sih kamu kepikiran buat bikin toner sendiri?

Umumnya, toner terbuat dari cairan utama berupa air ekstrak suatu tumbuhan dan ditambahkan berbagai minyak esensial. Fungsi toner sendiri bisa disesuaikan dengan jenis kulit dan problem kulit yang sedang dialami pemakai.

Mentimun sendiri sudah sejak lama diketahui bisa mengatasi beberapa permasalahan wajah. Sebagai contohnya, mentimun dapat menghilangkan lingkaran hitam di bawah mata alias mata panda, mencerahkan kulit, dan mengatasi wajah berminyak.

Timun juga bisa mengecilkan pori-pori wajah, mengatasi kulit kering, serta dapat mencegah penuaan dini. Berbagai manfaat dari buah hijau ini tentu bikin banyak perusahaan perawatan kulit dan kosmetik yang menggunakan mentimun sebagai bahan baku.

Tapi, gimana kalau kita bikin toner sendiri dengan menggunakan timun sebagai bahan utamanya? Ternyata, gampang kok. Yuk, simak langkah-langkahnya!

Pertama-tama, kamu perlu siapkan beberapa bahan berikut:

  • 8 sendok makan jus mentimun
  • 8 sendok makan air mineral
  • 1 sendok makan air jeruk
  • 1 tetes tea tree oil

Cara membuat toner diawali dengan mencampur semua bahan dalam satu wadah. Sebelum dimasukkan ke wadah semprot, saring toner dengan saringan kopi yang kamu punya untuk memastikan tidak ada gumpalan jus timun.

Gumpalan jus timun bisa bikin spray jadi tersendat dan toner tidak bisa keluar. Jika sudah, masukkan ke botol yang bisa dipasangi tutup spray untuk memudahkan pemakaian.

Toner ini bisa kamu gunakan selama satu hari. Jika ingin bertahan lebih lama, kamu bisa tambahkan citrus oil sebagai pengawet alami agar toner-mu tahan lebih lama.

Tips agar toner yang kamu pakai lebih menyegarkan, kamu bisa meletakkan toner ini di dalam lemari pendingin sebelum digunakan. Dengan begitu, sensasi dinginnya masih akan terasa ketika disemprotkan ke wajah.

Mudah, bukan? Jangan lupa gunakan toner secara rutin ya untuk menjaga kebersihan wajahmu, terutama setelah beraktivitas seharian di luar ruangan atau memakai riasan wajah yang tebal.

Film Thailand

Film Thailand yang Wajib Kamu Tonton Biar Bahagia

Mengatasi Kaki Bengkak

Moms, Begini Tips Mengatasi Kaki Bengkak Saat Hamil