in ,

Bioskop Atoom, Bioskop Horor yang Mulai Eksis Kembali Saat Dilirik Joko Anwar

Bioskop atoom
foto: Instagram @cukup_senang

Ngobrolin.id —Nama Bioskop Atoom yang sempat hilang kini mulai terangkat kembali setelah sutradara film terkenal, yaitu Joko Anwar meliriknya menjadi salah satu tempat pemutaran film horornya yang berjudul Perempuan Tanah Jahanam. Meskipun rencana tersebut batal, nama Bioskop Atoom sudah telanjur dikenal oleh masyarakat.

Saat ini Bioskop Atoom termasuk salah satu bioskop zaman dulu yang sudah tidak beroperasi lagi sehingga penampakannya sudah menyerupai bangunan tua yang kosong. Saat masa jayanya, bioskop yang terletak di Kecamatan Citeureup, Kabupaten Bogor ini selalu ramai dikunjungi oleh masyarakat.

Gedung bioskop tua ini menyimpan berbagai cerita menarik yang membekas di hati masyarakat setempat. Dikisahkan pada zaman dahulu ada seorang perempuan yang mengalami pendarahan saat film tengah diputar. Ketika film telah usai dan lampu dinyalakan, ternyata wanita tersebut sudah melahirkan bayinya.

Bioskop tua itu sudah berhenti beroperasi selama 21 tahun, tepatnya sejak 1998. Hal ini disebabkan oleh kondisi krisis moneter yang sedang melanda Indonesia pada saat itu. Pihak pengelola bioskop tidak mampu bertahan di tengah kondisi perekonomian Indonesia yang tidak bagus, ditambah lagi dengan jumlah penonton terus berkurang setiap harinya. Akhirnya, pihak pengelola memutuskan untuk menutup bioskop. Banyak pekerjanya yang di-PHK.

Menurut penuturan warga setempat, bioskop ini sudah mulai beroperasi sejak 1980-an. Saat itu industri film sedang berkembang sehingga menyebabkan banyak bioskop baru yang bermunculan, seperti Surya Kencana di Sindangbarang dan Margajaya di Dramaga.

Sebenarnya, bioskop-bioskop tersebut mengalami nasib yang sama dengan Bioskop Atoom saat krisis moneter berlangsung. Namun, saat ini gedung-gedung bioskop tersebut sudah beralih fungsi dan tidak terbengkalai. Berbeda dengan Bioskop Atoom yang dibiarkan terus terbengkalai oleh pemiliknya tanpa diubah untuk difungsikan menjadi tempat usaha lain.

Selain itu, keprasahan Bioskop Atoom juga disebabkan oleh persaingan dengan industri televisi yang kala itu selalu menampilkan film yang ditunggu masyarakat. Selain TV, ada juga bioskop kelas misbar (gerimis bubar) atau layar tancap yang sama-sama disukai oleh masyarakat.

Sejak bangunan bioskop terbengkalai, banyak cerita mistis yang berkembang di tengah masyarakat. Salah satu penampakan yang dipercaya menghuni bangunan tua tersebut adalah Noni Belanda dengan gaun berwarna putih.

Cinta Fitri

Cinta Fitri Bakalan Dibuat Ulang Jadi Drama Seri

OCD

Gregetan Lihat Barang Tidak Rapi, Kamu Beneran OCD atau Hanya Perfeksionis?