in ,

Bisa Tampilkan Lirik, Google Digugat?

layanan terbaru Google
Foto: unsplash

Ngobrolin.id — Salah satu layanan terbaru Google, lyric cards, menimbulkan kontra bagi sebagian kalangan. Lyric cards bisa menampilkan lirik lagu dalam daftar pencarian, nyatanya malah menimbulkan kisruh.

Belum lama ini, Google mengembangkan mesin pencarinya untuk bisa menampilkan lirik lagu yang dicari pengguna. Sayangnya, lirik yang disajikan oleh Google ini dinilai sebagian pihak tidak original.

Salah satu kenyamanan yang didapatkan pengguna dengan adanya layanan ini adalah tidak perlu lagi repot-repot masuk ke situs (website) penyedia lirik lagu. Kamu tentu tahu bukan, bahwa ada beberapa situs yang memang menyediakan layanan berupa lirik lagu bagi pengguna. Misalnya, Genius, AZLyrics, lyrics.com, dan sebagainya.

Tudingan yang ditujukan untuk perusahaan raksasa itu dilakukan oleh Genius. Sebagai salah satu website penyedia lirik lagu, Genius menganggap bahwa Google menyadur lirik dari situs mereka tanpa meminta persetujuan terlebih dahulu.

Bukti yang dilampirkan pihak Genius adalah pengunaan berbagai tanda yang ada dalam lirik-lirik yang ditampilkan Google.

Beberapa lagu memang diciptakan seperti obrolan sehingga menggunakan tanda petik. Begitu juga tanda garis miring untuk memisahkan lirik. Kedua tanda tersebut umum digunakan dalam lirik-lirik yang diunggah Genius untuk memudahkan pembaca memahami lirik lagu dari penyanyi idola mereka.

Genius pun menuding Google telah menyalin karena tanda-tanda yang digunakan sama persis dengan miliknya. Menurut Genius, ada lebih dari 100 contoh lirik lagu yang digunakan kembali oleh Google untuk ditampilkan dalam halaman pencarian.

Mendapat tuduhan tersebut, Google pun bersuara. Mereka berpendapat bahwa lirik yang mereka gunakan berasal dari mitra yang berlisensi. Pihak Google mengatakan bahwa hasil yang diterima berasal dari beberapa sumber berlisensi, alih-alih menyalin dari situs web tertentu.

Tak hanya itu, Google juga berjanji akan melakukan investigasi terkait tuduhan ini. Perusahaan penyedia informasi nomor satu itu juga berjanji untuk memutus kerja sama dengan partnernya jika dinilai terjadi kecurangan.

Lyric cards juga dituding menjadi salah satu dalang berkurangnya pengunjung ke situs (website) mereka. Kemudahan yang diterima pengguna untuk mengakses lirik tanpa masuk ke website dinilai bisa mengurangi performa dan menurunkan iklan berbagai penyedia lirik lagu.

Wah, cukup panas juga, ya. Bagaimana menurutmu, guys?

penggunaan internet

Hati-hati, Penggunaan Internet Bisa Pengaruhi Fungsi Otak

Prestasi BTS

Lagi, Ini Prestasi BTS di Ajang Musik