in ,

Bonsai Termahal, Harganya Sampai Rp18 Miliar!

wow banget yak!

bonsai termahal
foto: Pixabay

Ngobrolin.id — Tanaman hias menjadi salah satu komoditas yang melejit ketika pandemi Covid-19 karena banyak orang lebih memilih menghabiskan waktunya untuk merawat tanaman hias. Kondisi tersebut menyebabkan harga tanaman hias melejit, bahkan ada yang sampai miliaran, lho! Tanaman tersebut adalah tanaman bonsai pinus. Jenis bonsai ini termasuk salah satu bonsai termahal di dunia.

Dikutip dari laman cnnindonesia.com, harga tanaman bonsai pinus dibanderol mulai dari US$50 hingga US$1,3 juta atau setara dengan Rp700 ribu hingga Rp18,2 miliar. Fantastis bukan?!

Pinus putih memang merupakan salah satu jenis bonsai termahal karena pembentukannya membutuhkan waktu yang cukup lama, bahkan umur tanaman yang digunakan bisa mencapai berabad-abad.

Bonsai pinus memang merupakan jenis bonsai yang diperuntukkan bagi pencinta bonsai yang sudah mahir. Pasalnya, bonsai ini cukup sulit dibuat, ditata, dan dipangkas karena kesuburan pohon sangat dipengaruhi oleh banyak faktor, seperti kondisi iklim.

Proses perawatan bonsai juga terbilang cukup sulit sehingga membuat harga tanaman ini semakin tinggi.

Bonsai pinus dibentuk dengan menggunakan teknik kabel. Kabel merupakan praktik melilitkan kawat di sekitaran cabang pohon bonsai untuk memudahkan pembengkokan dan memosisikan ulang cabang sehingga bisa mendapatkan bentuk yang diinginkan.

Pengabelan juga berfungsi untuk meningkatkan distribusi energi ke seluruh pohon. Meskipun baik, pengabelan tidak boleh dilakukan sembarangan dan berlebihan karena tindakan ini bisa merusak pohon.

Pinus bonsai harus terkena sinar matahari setiap hari karena semakin sering terkena sinar matahari, semakin pendek dan padat jarumnya. Bonsai ini juga menyukai kondisi media tanam yang lembap sehingga perlu disiram secara rutin, tetapi jangan sampai menggenangi media tanam.

Selama masa perawatan, tanaman bonsai perlu dipangkas untuk menjaga kesehatan serta nilai estetika pohon. Pemangkasan dilakukan sejak dini untuk membentuk struktur cabang yang kuat.

Bonsai yang super mahal ini cukup rentan dengan serangan hama, seperti ulat, tungau, dan laba-laba. Sementara itu, penyakit yang bisa saja menyerang bonsai mahal ini adalah akar busuk karena terlalu banyak air atau sistem drainase yang buruk.

 

tanaan pengusir nyamuk

Selamat Tinggal Nyamuk! Tanaman Hias Ini Bisa Jadi Pengusir yang Ampuh

daur ulang sampah

Sekarang Bisa Dapat Uang dari Daur Ulang Sampah Lewat Aplikasi Duitin