in

Break Out Setelah Menggunakan Sheet Mask? Ini Penyebabnya

Ups! Cari tahu sebabnya berikut

menggunakan sheet mask
Foto: freepik

Ngobrolin.id — Fase break out pada kulit wajah dapat terjadi pada siapa saja dan kapan saja, termasuk setelah menggunakan sheet mask. Break out sendiri merupakan efek tidak cocoknya kulit dengan formula skin care yang digunakan. Akibatnya, kulit wajah jadi muncul komedo bahkan jerawat. Cukup mengganggu, bukan?

Jika kamu merasakan efek break out terjadi setelah kamu menggunakan sheet mask tertentu, kamu perlu mewaspadai beberapa hal. Ada beberapa penyebab hal tersebut dapat terjadi. Simak selengkapnya di bawah ini.

Formula tidak sesuai kebutuhan

Sama seperti skin care lainnya, formula yang terkandung pada sheet mask pun berbeda-beda. Biasanya, kandungan dan kegunaan sheet mask akan tertera di bagian depan sehingga mudah dibaca oleh konsumen.

Beberapa jenis kulit memiliki alergi terhadap jenis formula tertentu. Begitu pula kebutuhan nutrisi kulit berbeda-beda tiap jenis kulit. Kita tidak bisa memaksakan diri memakai sheet mask hanya karena sedang hits. Pastikan kamu mengerti kebutuhan kulitmu, ya.

Jika ingin mencerahkan, gunakan sheet mask dengan efek mencerahkan. Begitu pula jika kamu butuh nutrisi untuk melembapkan, mengencangkan, atau merawat dari polusi.

Wajah belum bersih saat menggunakan sheet mask

Sepele tapi penting, membersihkan wajah sebelum menggunakan produk skin care sangat penting, lho. Kamu bisa menggunakan sheet mask di pagi hari. Namun, umumnya sheet mask digunakan di malam hari sebagai salah satu ritual tahapan perawatan malam.

Kamu harus memastikan wajah sudah bersih dari segala jenis polusi dan sisa make up. Bersihkan dengan teknik double cleansing menggunakan pembersih yang oil based dan water based. Kamu bisa lanjutkan dengan menggunakan toner untuk menyiapkan wajahmu terlebih dahulu. So, step membersihkan ini jangan sampai terlewat, ya!

Salah cara penggunaan sheet mask

Break out yang kamu alami juga bisa dipicu kesalahan dalam penggunaan sheet mask. Nggak cuma jenisnya, cara penggunaan sheet mask pun sebaiknya dilakukan dengan benar. Hindari penggunaan sheet mask selama semalam suntuk karena justru akan membuat kandungan sheet mask kembali terserap.

Selain itu, jika kulitmu sedang dalam kondisi yang ‘tidak baik-baik saja’, hindari menggunakan terlalu banyak skin care, termasuk sheet mask yang tidak diperuntukkan bagi kulit berjerawat. Kadar air yang tinggi pada jenis masker ini dapat meningkatkan bakteri pada permukaan kulit. Nggak mau kan, jerawat dan komedo semakin meradang?

metode WOOP

Berkenalan dengan Metode WOOP, Kunci Sukses Andalanmu

akibat pendendam

Jangan Jadi Pendendam! Ini Akibat yang akan Kamu Alami