in ,

Bridal Shower, Tradisi Menjelang Pernikahan Kalangan Mineal

Ternyata ini asal muasal tradisi bridal shower

bridal shower
foto: Pixabay

Ngobrolin.id — Pasti kamu sudah tidak asing dengan istilah bridal shower, salah satu tradisi yang banyak dilakukan oleh kalangan milenial dalam menyambut hari pernikahan sahabat atau orang terdekatnya. Ternyata, bridal shower merupakan kebiasaan yang sudah ada sejak abad ke-16 dan mulai populer sejak beberapa tahun belakangan ini.

Tradisi ini sudah mengalami perkembangan sehingga lebih modern dan terkesan lebih glamor. Pada intinya, bridal shower merupakan momen di mana orang-orang terdekat memberikan kado kepada calon pengantin perempuan sebelum hari pernikahan.

Dahulu, pada momen bridal shower, orang-orang terdekat seperti teman dan sanak keluarga akan memberikan kado istimewa bagi calon pengantin. Kado tersebut bertujuan membantu calon pengantin mempersiapkan kehidupan pernikahan. Zaman dulu, perempuan masih memberikan mas kawin kepada laki-laki.

Tradisi ini dipercaya bermula dari kisah seorang wanita bangsawan di Belanda yang jatuh hati dengan anak tukang giling. Sang ayah tidak merestui hubungan tersebut karena status sosial sang lelaki. Akhirnya, sang ayah tidak mau membiayai mahar pernikahan anak perempuannya.

Melihat kondisi tersebut, teman-teman wanita bangsawan tersebut akhirnya tergerak untuk membantu memberikan berbagai barang ataupun uang yang dapat digunakan sebagai mas kawin.

Setelah melihat perjuangan tersebut, akhirnya sang ayah terharu dan merestui pernikahan putrinya tersebut. Banyak orang yang percaya bahwa itulah asal-usul tradisi bridal shower yang berkembang hingga saat ini.

Tradisi tersebut semakin populer ketika masuk ke Amerika Serikat pada era Victoria. Saat itu, perempuan dari kelas menengah ke atas akan menggelar perayaan untuk berkumpul dengan calon pengantin. Perayaan tersebut diisi dengan acara bincang-bincang alias gosip dan pemberian hadiah kepada calon pengantin.

Seiring berkembangnya zaman, perayaan tersebut semakin sederhana sehingga banyak kalangan masyarakat yang mulai menggelar perayaan tersebut. Selain itu, budaya pemberian mas kawin dari mempelai wanita juga memudar, tetapi kebiasaan memberikan hadiah kepada calon pengantin perempuan masih tetap berlangsung hingga saat ini. Pemberian hadiah tersebut bertujuan merayakan lembaran hidup baru bagi pengantin.

Bridal shower yang terjadi saat ini lebih mengarah kepada perayaan pelepasan masa lajang seseorang. Biasanya, acara tersebut akan dilaksanakan dengan tema piyama atau lebih mirip dengan pesta piyama serta dilengkapi dengan kue dan hiasan-hiasan agar terasa lebih meriah.

 

 

pernikaha di tengah pandemi

Menjawab Pertanyaan Milenial Seputar Pernikahan dan Katering di Tengah Pandemi

buku bajakan

Yakin Masih Mau Beli Buku Bajakan? Ini Kerugiannya Lho!