in

Buah Ini Sebaiknya Dihindari Penderita Diabetes

Hati-hati saat memilih buah untuk dikonsumsi

jenis buah yang sebaiknya tidak dikonsumsi
Foto: pixabay

Ngobrolin.id — Penderita diabetes memiliki makanan yang pantang untuk dikonsumsi. Makanan dengan kadar gula tinggi bisa memicu kadar gula dalam darah naik drastis yang bisa berakibat fatal. Ternyata, buah pun bisa memicu kadar gula tersebut. Jadi, perhatikan jenis buah yang sebaiknya tidak dikonsumsi oleh penderita diabetes berikut.

Anggur

Foto: freepik

Buah yang satu ini ada yang berwarna ungu, hijau, hingga kemerahan. Rasanya yang manis dan asam memberikan sensasi kesegaran saat mengonsumsinya. Bentuknya yang kecil sangat cocok menjadi camilan sekali santap di waktu luang ataupun diolah menjadi beragam makanan.

Sayangnya, anggur memiliki kadar karbohidrat yang tinggi. Selain itu, indeks glikemik buah yang satu ini juga cenderung tinggi. Indeks glikemik buah anggur bisa mencapai 59. Jadi, alangkah bijak bila penderita diabetes menghindari buah yang satu ini untuk dikonsumsi.

Pisang

jenis buah yang sebaiknya tidak dikonsumsi
Foto: freepik

Beragam jenis pisang tumbuh subur di Indonesia. Buah berwarna kuning ataupun hijau ini juga bisa diolah menjadi beragam makanan yang tak kalah lezat. Begitu pula dengan kandungannya yang penuh manfaat. Pisang merupakan salah satu sumber serat terbaik. Satu buah pisang bisa memenuhi 10—12 persen kebutuhan serat harian manusia.

Sayangnya, buah pisang sebaiknya tidak dikonsumsi oleh penderita diabetes. Buah pisang yang sudah matang bisa memiliki kadar indeks glikemik hingga 70. Hal ini membuat pisang menjadi buah yang kandungannya sangat cepat diubah menjadi gula darah oleh tubuh. Daripada kesehatanmu terganggu, lebih baik dihindari dulu, ya.

Mangga

jenis buah yang sebaiknya tidak dikonsumsi
Foto: pixabay

Sensasi manis yang legit, asam yang segar, lengkap dengan tekstur khas buah mangga memang menggoda selera. Buah ini pun memiliki banyak kandungan yang bermanfaat, mulai dari serat hingga beragam kandungan vitamin. Begitu pula dengan zat lain yang berfungsi sebagai anti-oksidan.

Sayangnya, mangga memiliki kadar gula dan karbohidrat yang sangat tinggi. Satu buah mangga seberat 165 gram bisa mengandung 99 kalori, 24,7 gram karbohidrat, dan 22,5 gula. Jumlah ini sangat tinggi dan bisa membahayakan bagi penderita diabetes.

Tiga jenis buah tersebut hanyalah sedikit dari buah-buahan yang sebaiknya dihindari oleh penderita diabetes. Buah lain yang tak kalah membahayakan penderita adalah durian, nangka, sawo, semangka, nanas, dan masih banyak lagi.

Bukan berarti penderita diabetes tidak boleh mengonsumsi buah-buahan. Akan tetapi, perhatikan kembali nilai glikemik dan banyaknya kandungan gula yang terdapat pada buah tersebut.

alternatif pembatas buku

Benda Ini Bisa Jadi Pembatas Buku

kuliner unik Yogya

Intip Kuliner Unik Khas Yogya yang Wajib Kamu Coba