in

Buat Sendiri Onigiri untuk Bekal Makan Siang

Nasi kepal yang unik dan praktis ini siap temani harimu

Menu onigiri
Foto: freepik

Ngobrolin.idMenu onigiri perlu kamu pertimbangkan sebagai bekal makan siangmu. Selain karena rasanya yang lezat, cara makan onigiri pun cenderung praktis. Selain itu, kamu bisa membuatnya dengan mudah karena bahan pembuatnya murah dan mudah didapatkan.

Onigiri sendiri merupakan hidangan dari negeri matahari terbit, Jepang. Makanan yang satu ini berbahan dasar nasi khas Jepang yang lebih lengket dari nasi di Indonesia. Tak seperti makanan Jepang lain, onigiri bisa langsung disantap dengan tangan. Jadi, cukup praktis digunakan sebagai makan siang tanpa perlu membawa sendok atau sumpit.

Nasi di Indonesia cenderung lebih mudah lepas ketimbang nasi yang digunakan di Jepang. Hal ini karena kandungan amilosa beras Jepang lebih rendah, sedangkan kandungan amilopektinnya lebih tinggi. Ini membuat nasi Jepang tampak lebih transparan dan teksturnya lebih lengket.

Kamu bisa membuat onigiri khas Jepang dengan menggunakan beras jenis Oryza sativa ssp. Japonica tersebut. Jika tidak, kamu bisa membuatnya dari campuran beras biasa dengan beras ketan. Gunakan perbandingan 3 beras biasa dan 1 beras ketan untuk mendapat tekstur yang pas untuk membuat onigiri.

Ciri khas onigiri yang tidak boleh ketinggalan adalah rumput laut atau nori. Namun jika kamu tidak suka, kamu bisa menghilangkan bagian ini. Selain beras dan nori, kamu juga harus mempersiapkan bahan lain untuk isian onigiri. Isian yang paling umum digunakan dan mudah dibuat adalah isian tuna mayones.

Siapkan ikan tuna kaleng, kamu hanya butuh separuh bagiannya. Siapkan juga bumbu berupa bawang putih cincang sebanyak 1 siung dan bawang bombai cincang sebanyak ½ buah. Jangan lupa siapkan merica, mayones 2 sendok makan, dan minyak untuk menumis.

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah mengukus beras menjadi nasi hingga matang. Sambil menunggu nasi matang, kamu sudah bisa memasak isian onigiri.

Panaskan minyak untuk menumis. Masukkan potongan bawang putih dan bawang bombai, tumis hingga tercium aroma harum. Tambahkan tuna dan aduk rata. Bubuhkan merica sesuai selera dan koreksi rasa dengan menambahkan garam jika diperlukan.

Angkat tumis tuna dan bawang, masukkan ke wadah. Tuang mayones ke wadah dan aduk rata dengan sendok. Tidak perlu melumat tuna hingga halus. Sisihkan dan mulai mencetak nasi yang digunakan sebagai onigiri.

Sebelum membuat onigiri, basahi tangan dengan air matang. Tujuannya, agar tangan tidak lengket saat membentuk nasi menjadi onigiri. Tambahkan pula garam dapur yang diratakan ke permukaan tangan.

Kepal-kepal nasi menjadi bentuk segitiga. Jika kamu kesulitan, kamu bisa menggunakan cetakan yang sudah banyak dijual di pasaran. Berikan isian dan tutup dengan nasi lain yang juga sudah dibentuk segitiga.

Terakhir, berikan sentuhan nori di bagian bawah onigiri. Jika kamu suka, kamu bisa bungkus onigiri milikmu dengan nori sekaligus. Onigiri pun siap dibawa sebagai bekal makan siang.

lagu terbaik Dewa 19

Pernah Hits, Ini Lagu Terbaik Dewa 19

cara merawat buku

Agar Awet, Begini Cara Merawat Buku