in

Apakah Bisa Manusia Keracunan Air?

keracunan air
Foto: pexels

Ngobrolin.id — Air putih baik untuk kesehatan. Bahkan, lebih dari 50 persen tubuh kita adalah cairan. Tapi, konsumsi air itu tak selamanya baik, lho. Manusia yang bisa keracunan air bisa terjadi apabila dosis konsumsi air berlebihan. Kok bisa?

Keracunan air disebut juga sebagai intoksikasi air. Kondisi ini terjadi jika jumlah air dalam tubuh berlebih. Akibat kebanyakan air ini adalah ketidakseimbangan dalam tubuh. Jumlah elektrolit menjadi tidak seimbang.

Akibat dari keracunan air ini adalah terjadinya hipotermia. Konsentrasi natrium dalam serum darah menurun drastis dari ambang yang seharusnya.

Keracunan air ini dapat dialami oleh siapa saja. Pasien skizofrenia berisiko mengalami gangguan keseimbangan mental. Bayi yang berusia kurang dari enam bulan juga rawan terkena intoksikasi air. Hal ini dapat terjadi apabila ia diberi susu formula yang terlalu encer. Penyebab lainnya adalah bayi tersebut diberi asupan air putih terlalu banyak dalam waktu singkat.

Atlet yang mengandalkan endurance atau daya tahan juga rawan terkena keracunan air. Atlet seperti ini cenderung mengonsumsi air minum dalam jumlah banyak dan dalam waktu yang sebentar.

Beberapa gejala yang bisa timbul karena keracunan air antara lain lemas, mual, sampai kram otot. Gelaja ini sebenarnya sangat umum. Terlebih, tubuh akan terasa kembung jika terlalu banyak mengonsumsi air.

Bahaya yang timbul dari keracunan air ini antara lain terganggunya fungsi ginjal dan gangguan fisik. Syok, kejang, bahkan koma dapat mengancam penderita intoksikasi air. Bahkan, dapat terjadi kematian pada penderita.

Cara pencegahan yang bisa dilakukan agar tidak terkena gangguan ini bermacam-macam.

Bayi sebaiknya diberi ASI secara cukup tanpa tambahan susu formula. Akan tetapi, jika tidak memungkinkan, pastikan susu formula yang diberikan sesuai dosis takaran yang dianjurkan, yaitu tidak terlalu encer dan tidak terlalu kental.

Atlet dianjurkan untuk mengonsumsi air putih atau isotonik secukupnya. Konsumsi ini lebih baik dilakukan secara bertahap dan sedikit demi sedikit dibandingkan langsung mengonsumsi dalam jumlah banyak sekaligus.

Orang biasa sebaiknya mengonsumsi air delapan sampai sepuluh gelas per harinya. Hal ini sudah sesuai, lho, dengan pedoman gizi seimbang.

Yuk, bijak konsumsi air agar kesehatan tetap terjaga.

Traveling bersama bayi

Makanan yang Perlu Dibawa Saat Traveling Bersama Bayi

sakit kepala

Sering Pusing? 8 Tips Ini Bisa Bantu Kamu Meredakannya